5 Karakter Programmer Kekinian Yang Wajib Kamu Tiru

5 Karakter Programmer Kekinian Yang Wajib Kamu Tiru
5 Karakter Programmer Kekinian Yang Wajib Kamu Tiru

Sumber gambar : www.idgconnect.com

Setelah beberapa bulan belajar di MIT School akhirnya saya dengan berani menyimpulkan tentang “5 Karakter Programmer Kekinian Yang Wajib Kamu Tiru“. Judul saya buat berdasar hasil analisa sok tau saya kwokwokwo :v.

Alasan saya buat judul ini adalah karena saya telah membuktikan bahwa tidak selamanya ekspetasi programmer akan berbanding lurus dengan realita. Oke langsung saja berikut ini adalah karakter programmer kekinian yang wajib kita tiru.

  1. Kreatif dan Inovatif
    So pasti buat kita yang begelut di bidang Teknologi Informasi yang selalu berkembang maju, kreatifitas dan ide-ide inovatif kita selalu di tuntut untuk menempatkan diri kita di tengah-tengah banyak orang yang juga menggeluti dunia IT. Menurut feeling saya yak, kayaknya tanpa Kreatifitas dan Ide-ide inovatif kita itu mungkin akan sulit bersaing.
  2. Tau Mana Yang Prioritas
    Dunia Teknologi Informasi itu cakupannya luas boss, maka dari itu kita harus bisa mengatur mana prioritas kita. Kita ambil contoh kecil saja dari banyaknya bahasa pemrograman. Dari sekian banyaknya bahasa pemrograman,kita sebagai programmer harus bisa menguasai 1 atau beberapa bahasa pemrograman, untuk bahasa pemrograman lain mungkin kita hanya harus cukup mengerti saja.
  3. Pandai Memilih Informasi
    Di tahun 2017 ini dunia internet kebanjiran informasi, bukan hanya di internet saja sih. Tidak semua informasi yang beredar selalu berguna untuk kita. Kalo semua informasi yang beredar kamu telan bulat-bulat kamu bisa mabok informasi dan otak kamu tidak akan mampu mengolah semua informasi itu. Untuk poin ini kayaknya bukan hanya untuk programmer, tapi kayaknya bagi seluruh orang hehehe.
  4. Selalu Up To Date dan Trying Error
    Selalu tingkatkan skill mu dengan mempelajari hal-hal baru. Jangan sampai skill programming kalian hanya mentok di itu-itu aja. Saya berani bilang begini karena saya sudah merasakan :v Coba aja kalian yang terbiasa ngoding kemudian 1 bulan saja tidak ngoding sama sekali :v Kalian bakal kelimpungan lagi dah :v Yah memang begitulah realitanya. Dan jangan juga sekali-kali menyerah dengan error yang kalian temui dan error di program kalian tak kunjung juga selesai di perbaiki. Hadapilah error yang kalian temui, carilah akar pokok masalahnya. Dengan belajar problem solved seperti itu kalian nantinya tidak akan kaget lagi dengan error-error yang kalian buat di program kalian sendiri.
  5. Mampu Membagi Waktu
    Di MIT School saya dan teman-taman juga di ajari bagaimana membagi waktu. Kapan waktunya sholat, Kapan waktunya belajar, kapan waktunya bermain. Dengan mampu membagi waktu, kita  tidak akan kesulitan dalam belajar. Kegiatan saya dan teman-teman di MIT School dimulai dari subuh sampai jam 9 malam. Jam 9 itu kita sudah di wajibkan istirahat, tapi berhubung saya agak ndablek heheh kadang saya baru tidur jam 12 malam lebih. Tapi tenang saya tetap bisa bangun pagi hehehe.

Ya mungkin itu saja yang saya berani share. Semoga dengan tulisan pertama ini saya termotivasi buat nulis di blog MIT School. Sekian opini yang bisa saya sampaikan. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wasalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

Ditulis oleh : Muhamad Ilham Arrouf (Peserta didik MIT School)

Related posts: