Bagaimana Membuat Video Tutorial Yang Baik

Bagaimana Membuat Video Tutorial Yang Baik

Bagaimana Membuat Video Tutorial Yang Baik

Kali ini kita akan bersama belajar bagaimana membuat video tutorial yang baik. Nah karena temanya adalah membuat video tutorial tentu yang dipersiapkan adalah aplikasi sreencast untuk pengguna linux bisa menggunakan kazam. Sementara untuk pengguna windows bisa menggunakan obs studio. Nah setelah kita memiliki aplikasi screencast jangan lupa menggunakan microphone eksternal tambahan agar suara dalam video memiliki kualitas bagus. Untuk lebih mudah kita bisa menggunakan headset.

  • Plot Video

Persiapan dasar telah ada kini tinggal kita siapkan materi tutorialnya. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah konsep dari tutorial yang akan dibuat. Jika tutorial itu berseri maka tentukan tahapan tutorial beserta pemotongan plot video yang tepat di setiap serinya. Nah untuk video tunggal pastikan kita sudah menyiapkan daftar poin penting dari tutorial video sehingga kita bisa memberi penekanan di setiap menjelaskannya dan yang terpenting adalah tidak ada yang terlewat.

  • Batasi Durasi Video

Video yang terlalu panjang akan membuat penonton jenuh untuk melihatnya karena itu batasi video tutorial kita di angka 10 menit atau selama-lamanya adalah 15 menit. Jika tutorial yang kita sampaikan panjang maka solusinya adalah membagi tutorial tersebut menjadi beberapa tahap sebagaimana sudah kita ketahui pentingnya menentukan pemotongan video dalam membuat tutorial seri.

  • Gunakan Resolusi Tinggi

Hal ini cukup penting selain audio yang harus jelas, video yang ditampilkan juga harus memiliki kualitas tinggi. Setidaknya resolusi HD adalah resolusi minimal dari video yang kita buat. Hal ini penting untuk membuat koding yang kita tuliskan dapat terlihat jelas sehingga tidak menimbulkan kesalahan.

  • Tampilkan Hasil Aplikasi dan Tunjukkan Source Code

Ya mendemonstrasikan aplikasi kita adalah penting untuk menunjukkan aplikasi yang dibuat sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan di awal saat video tutorial pertama atau di akhir saat semua tutorial telah usai atau bahkan di keduanya dimana pada seri akhir kita akan menjelaskan secara lebih detail fitur-fitur penting dari aplikasi yang udah kita buat.

Selain menunjukkan hasil aplikasi membagikan source code juga merupakan hal penting agar para pengikut tutorial dapat membandingkan koding yang mereka buat atau bahkan untuk mempermudah mencari kesalahan jika ada yang terlewat. Untuk membagikan koding kita bisa memanfaatkan github, bitbucket atau aplikasi lainnya.

Ditulis oleh : Labib Muhajir (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...