Belajar Dari Kerja Tim (Team Work)

Belajar Dari Kerja Tim (Team Work)

Belajar Dari Kerja Tim (Team Work)

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Kali ini saya akan membahas pentingnya kerja tim di suatu organisasi/perusahaan. Di MIT School ini kami selain di beri tugas individu kami juga di ajarkan kerja tim atau yang bisa disebut juga (Team Work). Pertama sebelum saya melanjutkan cerita, saya akan memberitahu apa itu kerja tim(team work). Kerja tim adalah Bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai misi yang sudah di sepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif. Dengan adanya kerja tim kita dapat mengubah sikap, perilaku, dan nilai-nilai pribadi, serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan anggota lainyan dan tujuan kerja tim kita akan memiliki satu tujuan untuk menyelasaikan masalah yang kita dapat dan lebih efisiensi dan efetivitas dalam pekerjaan yang kita kerjakan.

Di MIT School kita selalu di beri tugas oleh mentor kita untuk meningkatkan skill dan kemampuan kita. Kebetulan ini lagi di beri tugas besar dan di kerjakan secara kelompok atau tim. Di sini saya memperoleh banyak ilmu baru. Memiliki tujuan dan sasaran yang jelas atas dasar komitmen bersama. Pembagian peran kepemimpinan. Anggota tim saling berbagi peran dalam kepemimpinan.

Sebagai contoh kepemimpinan tim di setiap fase proyek akan didelegasikan kepada anggota yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang itu. Sehingga fungsi kepemimpinan di dalam tim dilihat dari kompentensi seseorang, bukan berasal dari titel, otoritas dan senioritas. Keterbukaan dan saling mempercayai antar anggota tim. Keragaman latar belakang anggota tim memberi warna kepada tim. Semakin besar keragaman yang ada ( keahlian, pengetahuan dan pengalaman) akan semakin banyak tugas-tugas yang dapat ditangani. Dan banyak sekali ilmu yang saya dapat dengan adanya kerja tim ini.

Demikian artikel ini semoga menjadi motivasi kita semua untuk terus belajar dan saling menghargai satu sama lain.

Ditulis oleh : Muchammad Alvin Tri Bachtiar (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...