Belajar Translasi Diagram Objek ke Koding

Belajar Translasi Diagram Objek ke Koding

Pada kesempatan kali ini marilah kita belajar membaca diagram obyek dan menuliskannya ke dalam koding. Nah mari kita lihat diagram di bawah ini.

Dari diagram di atas bisa disimpulkan kita akan membuat 4 class dimana 2 class hanya memiliki method dan 2 lainnya lengkap dengan property dan method. Untuk memulainya mari kita buat new project di aplikasi Java IDE masing-masing. Nah sekarang mari kita mulai dengan membuat class Account dengan isian:

public class Account {
    private float nomorAccount;
    private float pin;
    private float saldo;

    public void buka() {
        System.out.println(this.nomorAccount);
        System.out.println(this.saldo);
    }

    public boolean tarikDana(float i ) {
        if (this.verifikasiDana(i)) {
            this.saldo -= i;
            return true;
        } else {
            return false;
        }
    }

    public boolean potongDana throw Exception(float i) {
        try {
            this.saldo -= i;
            return true;
        } catch (Exception e) {
            e.getMessage();
            return false;
        }
    }

    public boolean verifikasiDana(float i) {
        if ( i < this.saldo) {
            return true;
        } else {
            return false;
        }
    }
}

Sesuai dengan diagram obyek di atas class Account memiliki 3 property dan 4 method. Nah sekarang kita buat class DisepenserTunai dengan isi:

public class DispenserTunai {
    private float saldo;

    private float saldoTunai() {
        return this.saldo;
    }

    public boolean sediakanTunai(float f) {
        if (f < this.saldo) {
            this.saldo -= f;
            return true
        } else {
            return false;
        }
    }

    public boolean sediakanTandaBukti(float penarikan, float saldo) {
        System.out.println("Anda telah melakukan penarikan dana sebesar: \n" + penarikan);
        System.out.println("Sisa saldo anda adalah:" saldo);
    }
}

Sama halnya dengan class Account, class DispenserTunai memiliki 2 method dan 1 property. Nah untuk sisanya kita tinggal membuat method saja di masing-masing kelas pembacaKartu dan class layarAtm sebagaimana berikut.

public class PembacaKartu {
    public void terimaKartu() {

    }

    public void keluarKartu() {

    }

    public void bacaKartu() {

    }
}

Layar atm

public class LayarAtm {
    public void isian() {};
    public void terimaMasukan() {};
}

Related posts:

Loading Facebook Comments ...