Berbaur Dengan Masyarakat Melalui Rapat RT

Berbaur Dengan Masyarakat Melalui Rapat RT

Rapat RT MIT school

Selain musyawarah bulanan pemilihan presiden, kami di MIT School juga rutin mengikuti rapat RT bulanan yang dilaksanakan di lingkungan RT. 33 RW. 10, Kelurahan Rejowinangun, Kotagedhe, Yogyakarta. Rapat ini diikuti oleh setiap kepala keluarga dalam satu lingkungan RT. Kami biasanya mengirim dua orang untuk mewakili MIT School.

Kegiatan ini dikemas dalam acara bapak-bapak. Sedangkan tempat pelaksanaannya berada di rumah warga yang mendapat arisan. Pembahasan rapat bisa meliputi tentang laporan kas RT, pembahasan isu dan wacana sekitar RT, pembahasan acara-acara RT seperti kerja bakti, penyuluhan dan lain-lain.

Dalam forum ini warga bebas menyampaikan aspirasinya yang berkaitan dengan kemasyarakatan serta evaluasi tata kelola RT maupun evaluasi dari kegiatan RT yang telah lalu.

Selain fungsi dan manfaat di atas, rapat RT juga merupakan wadah warga untuk saling mengenal dan bersosialisasi dengan warga lain. Tentu kegiatan ini sangat berperan penting untuk menjalin rasa persaudaraan dan kebersamaan yang baik antar warga RT, di tengah kondisi sosial utamanya di kota yang cenderung individualis.

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus selalu mengikuti perkembangan isu kemasyarakatan serta berperan aktif dalam kemajuan pembangunan wilayah. Dan dengan rapat RT inilah salah satu caranya.

Ditulis oleh : Muhammad Imam Syafi’i (Peserta Didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...