Berkenalan Dengan Bahasa Pemograman Kotlin

Berkenalan Dengan Bahasa Pemograman Kotlin

Berkenalan Dengan Bahasa Pemograman Kotlin

Pada kesempatan kali ini mari kita bersama-sama mengenali bahasa pemrograman Kotlin yang telah diresmikan Google sebagai bahasa pemrograman resmi yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi Android yang selama ini menggunakan Java.

Nah apa itu Kotlin? Jadi bahasa pemrograman ini adalah sebuah bahasa pemrograman pengetikan statis yang berjalan di atas Java Virtual Machine. Dikembangkan oleh JetBrains di atas lingkungan Java membuat keuntungan lain untuk Kotlin yaitu Kotlin dapat bekerja bersama dengan Java dengan tanpa kendala.

Sebagai bahasa baru tentu Kotlin tak hanya memiliki kelebihan di atas. Kelebihan lain yang mengungguli Java yang sebelumnya dipakai untuk mengembangkan aplikasi Android.adalah sebagai berikut:

  • Performa: Kotlin memiliki performa yang lebih baik dibanding Java
  • Lebih ringkas penulisan pemrograman Kotlin lebih singkat
  • Memiliki waktu kompilasi yang efisien

Jika diperhatikan ada hal yang menarik di kelebihan Kotlin di atas yaitu dapat bekerja bersama dengan Java atau dalam kata lain kehadiran Kotlin tidak serta merta menghapuskan bahasa pemrograman Java yang sudah lama digunakan pada pengembangan Android.

Lebih menarik lagi Kotlin pun menyediakan fitur untuk mengubah baris kode Java menjadi baris kode Kotlin secara otomatis untuk menarik banyak programmer untuk bisa memanfaatkan performa Kotlin yang lebih baik.

Dengan semua kelebihan yang diklaim oleh Kotlin apakah kalian tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut?

Ditulis oleh Labib Muhajir (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...