Di MITS Selain Belajar Bahasa Pemrograman, Juga Diajarkan Bahasa Arab

Di MITS Selain Belajar Bahasa Pemrograman, Juga Diajarkan Bahasa Arab

Selain Belajar Bahasa Pemrograman, di MIT School Juga Diajarkan Bahasa Arab (Copy)

Blog MIT School | MIT School adalah sekolah non formal yang bertujuan mencetak programmer muslim penghafal quran yang berahlak mulia dan bermental baja. Slogan ini bukan tanpa alasan karena MIT School ingin siswa lulusannya selain jago di bidang ilmu pemrograman juga memiliki dasar-dasar ilmu di bidang agama Islam.

Hal ini bertujuan agar seorang developer lulusan MIT School nantinya dengan memiliki skill di bidang pemrograman baik web maupun mobile apps bisa digunakan juga untuk membantu dalam pengembangan aplikasi-aplikasi dakwah.

Ada tiga kelas yang dibuka di MIT School yaitu kelas kursus dan pelatihan PHP developer dan Android developer khusus muslim yang berlokasi di Yogyakarta.  Sedangkan untuk kelas kursus dan pelatihan iOS developer khusus muslimah berlokasi di Jakarta.

Dan semua kelas di MIT School sifatnya non profit alias gratis. Semua kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di support oleh donatur. Dan saat ini MIT School masih membuka kesempatan bagi saudara-saudara yang ingin berpartisipasi sebagai donatur untuk menyumbangkan sedikit hartanya untuk menunjang kegiatan MIT School ini agar terus berjalan. Karena tujuan MIT School adalah “Mencetak Programmer Muslim Penghafal Quran Yang Berahlak Mulia dan Bermental Baja” bagaimana cara berdonasi? hubungi kami.

Selain setiap hari rutin belajar ilmu pemrograman, siswa MIT School Yogyakarta juga rutin belajar ilmu agama termasuk mengikuti kajian, membaca & menghafal Al-Quran, serta yang tidak kalah penting adalah belajar bahasa Arab oleh ustadz yang sengaja dihadirkan untuk membimbing siswa MIT School di Yogyakarta ini.

Mengapa harus belajar bahasa Arab? nah mari kita simak pentingnya belajar bahasa Arab.

Inilah  7 Alasan Mengapa Seorang Muslim Wajib Belajar Bahasa Arab

  1. Keutamaan bahasa Arab sudah cukup jelas, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran Al- Kharim. Supaya bisa memahami makna yang terkandung di dalam Al-Quran kita harus belajar bahasa Arab supaya tau artinya. Dan keistimewaan bahasa Arab telah disebutkan di dalam Al-Quran diantaranya pada ayat berikut ini.

    وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

    “Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

    اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ

    “Bahasa Arab adalah syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim.

  2. Dengan mempelajari bahasa Arab kita lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.
  3. Orang yang paham bahasa Arab, terutama paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali. Apalagi jika tugas seseorang sebagai penyampai dakwah, menjadi seorang da’i, kyai atau ustadz, tentu lebih urgent lagi mempelajarinya agar mudah memberikan pemahaman agama yang benar pada orang banyak.
  4. Orang yang paham bahasa Arab akan mudah menggali ilmu dari ulama secara langsung atau membaca berbagai karya ulama yang sudah banyak tersebar hingga saat ini. Sedangkan yang tidak paham bahasa Arab hanya bisa mengandalkan kitab terjemahan dan itu sifatnya terbatas.
  5. Bahasa Arab itu bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa.
    Ibnu Katsir saat menjelaskan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,

    لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

    “Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

  6. Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.
    Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

    فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

    “Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

    Oleh karena itu Allah nyatakan tentang bahasa Arab,

    إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

    “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

  7. Bahasa Arab adalah bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia.
    Allah menyatakan sendiri,

    قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

    “(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

    Dalam ayat lain disebutkan,

    وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ  (192)  نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ  (193)  عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ
    الْمُنْذِرِينَ (194)  بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195

    “Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195).

    Sebagaimana disebutkan dalam Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasanya orang Quraisy yang setiap orang mudah memahaminya.
    Juga dalam ayat lain disebutkan,

    وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا

    “Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37).

    Disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain, bahasa Arab digunakan sebagai hukum di tengah-tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum-hukum yang wajib.

    Masih tak tergerak hati Anda untuk mempelajari bahasa yang paling mulia dan dicintai oleh Allah?

    Semoga Allah mudahkan untuk mempelajari bahasa Arab. Ihrish ‘ala maa yanfa’uk, semangatlah dalam hal yang manfaat untukmu.

Demikian ulasan tentang pentingnya belajar bahasa Arab, dan mengapa di MIT School siswanya juga diajarkan bahasa Arab. Semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://rumaysho.com/12720-7-alasan-harus-belajar-bahasa-arab.html

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...