Inilah Yang Harus Diperhatikan Lulusan IT Sebelum Melamar Pekerjaan

Inilah Yang Harus Diperhatikan Lulusan IT Sebelum Melamar Pekerjaan
Inilah Yang Harus Diperhatikan Lulusan IT Sebelum Melamar Pekerjaan

Sumber: http://www.infonikasi.com/

Blog MIT School | Apa yang mendasari kamu memilih dibidang IT saat kuliah? dan kini setelah kamu lulus kuliah kemanakan kamu memilih tempat bekerja?

Bagi sebagian kalangan bisa bekerja di sebuah perusahaan besar adalah sebuah impian bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang baru saja lulus kuliah. Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar ternama menjadikan tantangan tersendiri.

Namun apakah mudah bagi seorang lulusan IT yang baru saja lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja dengan mudah diterima di perusahaan besar?

Dua tahun belakangan ini banyak perusahaan besar yang bergerak di bidang industri digital mendapat investasi yang cukup besar. Semakin tumbuh pesatnya industri digital di tanah air membuat kebutuhan akan seorang developer semakin tinggi dan banyak perusahaan yang berani membayar tinggi kepada seorang developer.

Namun tingginya kebutuhan akan seorang developer tersebut tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang ada. Lulusan IT saat ini masih belum bisa menjawab kebutuhan industri digital saat ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap lulusan IT untuk bisa menjawab tantangan kebutuhan industri digital saat ini.

Kita ambil contoh misalnya perusahaan besar seperti Google, mereka menerima lebih dari 2,5 juta lamaran setiap tahunnya. Ini sama saja dengan 6.849 lamaran per harinya, dan 5 lamaran per menitnya. Pertanyaannya adalah, mampukah kamu menjadi salah satu dari yang terpilih di antara jutaan pelamar tersebut?

Inilah Yang Harus Diperhatikan Lulusan IT Sebelum Melamar Pekerjaan

Menjadi seorang programmer tidak hanya cukup mengerti beberapa bahasa pemograman saja. Namun seorang programmer juga harus memiliki kemampuan teknik khusus. Kemampuan ini sangat berguna bagi seorang programmer untuk menyelesaikan permasalahan di dunia pekerjaan.

Penguasaan teknik khusus ini akan menjadikan kamu lebih menonjol dibandingkan programmer lainnya. Sehingga hal ini akan membuat perusahaan besar lebih melirikmu.

1. Kompetensi di Bidang Teknis yang Mumpuni

MIT School php programmer

Sumber: http://www.techworm.net/

Penguasaan Beberapa Bahasa Pemrograman

Seorang developer diharapkan menguasai beberapa bahasa pemograman. Dengan menguasai beberapa bahasa pemograman hal ini akan memudahkan bagi seorang programmer ketika mulai bekerja di perusahaan besar.

Dan dari penguasaan beberapa bahasa pemograman kamu bisa memilih mana bahasa pemograman yang spesifik untuk diterapkan kedalam sebuah proyek.

Kamu bisa memilih bahasa pemograman yang umum digunakan seperti JavaScript, Phyton, maupun PHP untuk dijadikan pilihan utamamu. Dengan lebih banyak menguasai bahasa pemograman kamu akan lebih bisa menyelesaikan permasalahan pekerjaan dengan cepat.

Familier Dengan Berbagai Tool Pengembangan Software

Bekerja dalam sebuah tim untuk mengerjaan sebuah proyek misalnya aplikasi web. Perusahaan biasanya menggunakan tool pendukung seperti GIT untuk memantau perubahan coding. JIRA, Pivotal Tracker untuk manajemen proyek. Serta Amazon AWS atau Heroku untuk servis komputasi web, dan software untuk pemrograman basis data seperti SQLite dan PostgreSQL.

Dengan peguasaan tool seperti diatas, maka kamu tidak akan kebingungan saat bekerja di sebuah perusahaan besar.

Pemahaman Terhadap Algoritma, Struktur Data, dan Kompleksitas

Untuk merancang sebuah software supaya bisa berjalan sempurna, maka pemahaman terkait algoritma yang sistematis, struktur data yang teratur, dan pengukuran kompleksitas yang akurat sangatlah diperlukan untuk menghasilkan produk yang mudah dan nyaman digunakan untuk pengguna.

Pengalaman Dengan Berbagai Proyek

Yang namanya lulusan IT baru, tentu saja belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Namun dengan memulai mengerjakan proyek-proyek kecil dari saat masih menjadi seorang freelancers, hal tersebut akan melatih skill pemogramman yang dimiliki.

Kamu juga bisa bergabung ke perusahaan rintisan atau startup untuk mengasah teknik pemograman yang kamu miliki sambil mengumpulkan proyek-proyek yang pernah dikerjakan untuk dijadikan portofolio.

Dan dengan memiliki beberapa kemapuan diatas, insyaallah bagi kamu yang baru lulus kuliah dibidang IT akan lebih mudah bekerja di perusahaan besar dengan efektif.

Namun yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa menguasai teknik-teknik khusus yang mumpuni bukanlah semata menjadikan modal utama saja bagi seorang programmer. Hal lainnya adalah masalah empati terhadap tim kerja lainnya. Karena masalah empati adalah hal yang tidak bisa diajarkan secara online. Untuk menjadi seorang developer yang sukses adalah perlu memperhatikan masalah empati. Yang membuat dan merusak tim adalah rasa empati antar setiap tim.

Karena seorang programmer adalah bukan seorang robot yang bisa dengan mudah diperintah tanpa memiliki rasa empati terhadap sesama. Jadi bagi setiap profesional IT harus memiliki rasa empati yang baik termasuk seorang programmer.

2. Kemampuan Interpersonal yang Baik

interpersonal skill

Sumber: http://www.enkivillage.com/

Kemapuan interpersonal harus dimiliki bagi setiap pelamar kerja baru. Kemampuan interpersonal adalah kemampuan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam berkomunikasi dan berinteraksi kepada orang lain, baik secara individu maupun kelompok.

Seseorang yang menguasai interpersonal dengan baik akan lebih mudah dalam beradaptasi dan menghadapi permasalahan pekerjaan baik secara profesional maupun kehidupan probadinya.

Hampir setiap perusahaan besar lebih memilih calon staff dengan kemampuan interpersonal yang baik. Mereka yang mampu berkomunikasi dengan baik, pandai mencari relasi, dan sejenisnya. Karena dalam berbisnis hal inilah yang dicari untuk digunakan dalam menyelesaikan permasalahan bersama tim maupun klien.

Berikut ini beberapa contoh kemampuan interporsonal yang harus kamu pahami.

Komunikasi verbal

Kemampuan ini adalah salah satu kemampuan interpersonal yang terpenting. Dengan memiliki kemampuan ini seseorang bisa menyampaikan informasi dengan simple dan jelas sehingga bisa lebih efektif dan efisien. Jaga kontak mata dengan lawan bicara dan hindari berbicara secara agresif dan bersifat menghakimi. Karena hal ini akan memicu konflik sehingga pembicaraan tidak lagi efektif.

Komunikasi non-verbal

Teknik ini tidak kalah pentingnya dengan sebelumnya. Yang termasuk komunikasi non verbal iyalah bahasa tubuh. Gunakan bahasa tubuh yang sopan, seperti menggunakan pakaian rapi saat melamar pekerjaan maupun saat menghadapi klien.

Negosiasi

Negosiasi juga termasuk salah satu hal terpenting. Negosiasi yang baik akan menghasilkan solusi terbaik. Kemampuan negosiasi akan menyelesaikan konflik di dalam pekerjaan antara tim maupun dalam menghadapi klien. Dengan negosiasi yang baik antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugiikan.

Penyelesaian masalah

Hubungan interpersonal dalam bisnis terkadang gagal karena kurangnya penyelesaian dalam masalah. Menguasai teknik penyelesaian masalah sangat penting dalam kelangsungan hubungan antar sesama tim maupun klien. Ketika terjadi masalah dalam pekerjaan cobalah identifikasi permasalahan terlebih dahulu, cari solusi terbaik. Setelah itu implementasikan solusi tersebut dan pantau terus dengan memberikan feedback atas penyelesaian masalah tersebut.

Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan adalah hal yang sangat krusial. Namun bagi setip orang terlebih dibidang pekerjaan, sebuah kemampuan pengambilan keputusan sangatlah penting dimiliki. Dengan teknik kemampuan pengambilam keputusan yang baik hal ini akan menentukan hasil akhir pekerjaanmu.

Menjadi seorang programmer akan meningkatkan taraf hidup. Dimana gaji seorang programmer terbilang besar. Karenanya, banyak programmer yang berlomba-lomba untuk mendapatkan lahan pekerjaan di perusahaan besar yang memberikan nominal gaji yang menggiurkan.

Dan untuk mendapatkan ilmu-ilmu tersebut tidaklah cukup didapat dari bangku perkuliahan saja. Kamu harus mau mengambil kelas-kelas kursus seperti pelatihan misalnya workshop dan kursus programmer.

Seperti MIT School adalah program non profit yang bertujuan mencetak programmer-programmer handal dibidangnya yang mempunyai skill mumpuni dan siap kerja. MIT School saat ini membuka kelas pelatihan dan kursus pemograman PHP developer, Android developer, dan IOS developer khusus muslimah.

Selain itu kemampuan interpersonal bisa kamu pelajari lewat buku-buku pengembangan diri yang bayak dijual di toko-toko buku.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...