Kegiatan Sosial Bersih-Bersih Masjid

Kegiatan Sosial Bersih-Bersih Masjid

Ahad, 30 July 2017 – Hari ini kami dari MIT School melakukan kegiatan sosial “bersih-bersih masjid” di masjid Ar-Rahim yang lokasinya tak jauh dari asrama kami. Masjid ini, kami gunakan untuk melaksanakan shalat sehari-hari. Kami memulai kegiatan bersih-bersih ini sekitar jam 9 pagi hingga jam 10 pagi, mulai dari menyapu, mengepel lantai, membersihkan dinding dan lantai kamar mandi serta tempat wudhu.

Ketika masjid senantiasa dalam kondisi bersih, maka akan membuat nyaman berada di dalamnya dan mendukung kekhusyukan kaum Muslimin dalam beribadah. Allah menyukai kebersihan dan hal-hal suci, sebagaimana yang Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sabdakan yang diriwayatkan oleh Sa’ad bin Al-Musayyib. Beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala. itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mahaindah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. Dan jangan meniru orang-orang Yahudi.” (HR. Tirmizi).

Keutamaan membersihkan masjid diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra, RasulullahSallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

Dihadapkan padaku semua pahala yang diperbuat umatku, sampai-sampai satu kotoran yang dikeluarkan seseorang dari dalam masjid.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dalam riwayat Ibnu Majah bahkan disebutkan,

Barangsiapa mengeluarkan kotoran dari masjid, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. Ibnu Majah)

Ditulis oleh : Luki Sanjaya (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...