Kegunaan Dan Manfaat Database Di Dunia Pemrograman

Kegunaan Dan Manfaat Database Di Dunia Pemrograman
Kegunaan Dan Manfaat Database Di Dunia Pemrograman

Sumber gambar : blog.webhostpython.com

Assalamu’alaikum, perkenalkan nama saya Farhan Mustaqim salah satu peserta didik MIT School Ingin sedikit berbagi penjelasan tentang apa itu database dan apa itu manfaatnya. Ok langsung saja saya mulai .

Penggunaan teknologi dalam sebuah perusahaan, institusi maupun organisasi mempunyai peranan penting guna mencapai tujuan.

Suatu perusahaan dituntut untuk bekerja se-efisien mungkin supaya bisa bertahan di atas kerasnya persaingan. Salah satu teknologi yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan, institusi maupun organisasi adalah teknologi dalam memproses data sehingga menjadi informasi yang berguna, teknologi yang dimaksud adalah sistem pengolahan basis data atau biasa disebut database.

Penggunaan database yang baik pada perusahaan retail misalnya, mampu membantu seorang kasir bekerja lebih cepat ketika mencari jumlah barang atau harga barang yang akan dijual dan masih banyak contoh lainnya.

Mungkin saya akan memberitahu aplikasi apa yang mengunakan database, misal transaksi bank, pemesanan tiket dan lainnya.

Apa Itu Database…???

database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikian rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi. Selain itu ada pula yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, maupun arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik.

Manfaat Database Yang Perlu Kamu Ketahui

  • Kecepatan Dan Kemudahan

Database memiliki kemampuan dalam menyeleksi data sehingga menjadi suatu kelompok yang terurut dengan cepat. Hal inilah yang akhirnya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat pula. Seberapa cepat pemrosesan data oleh database tergantung pula pada perancangan database-nya.

  • Keamanan Data

Hampir semua Aplikasi manajemen database sekarang memiliki fasilitas manajemen pengguna. Manajemen pengguna ini mampu membuat hak akses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan maupun posisi pengguna. Selain itu data yang tersimpan di database diperlukan password untuk mengakses-nya.

  • Memudahkan Dalam Pemubuatan Aplikasi

Dalam poin ini database yang dirancang dengan sangat baik, sehingga si perusahaan memerlukan aplikasi baru tidak perlu membuat database yang baru juga, atau tidak perlu mengubah kembali struktur database yang sudah ada. Sehingga Si pembuat aplikasi atau programmer hanya cukup membuat atau pengatur antarmuka aplikasinya saja.

Dan masih banyak lagi manfaat database guna untuk memudahkan kita untuk mengerjakan pekerjaan pemrograman kita. Mungkin hanya segitu dulu penjelasan dari saya walaupun hanya sedikit mungkin kita setidaknya bisa tau apa itu database dan apa manfaatnya.

Ok sekian dari saya, Saya akhiri .

Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh.

Ditulis Oleh : Farhan Mustaqiem (Peserta didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...