Kenapa Harus Belajar PHP? Inilah Alasannya!

Kenapa Harus Belajar PHP? Inilah Alasannya!
Belajar PHP

sumber gambar: http://www.bestprogramminglanguagefor.me/why-learn-php

Blog MIT School | Kenapa harus belajar PHP? PHP yang dimaksut disini adalah PHP bahasa pemrograman ya, Bukan PHP “pemberi harapan palsu” ya.

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP juga banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. Selain itu PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Perlu diketahui bahwa web development atau pengembangan aplikasi web merupakan bidang yang cukup luas, artinya banyak teknologi yang harus dikuasai.

Bagi kalian yang hendak terjun di bidang web development mungkin tengah berhadapan dengan beberapa pilihan teknologi seperti PHP, Python, Ruby, JavaScript, atau Java, dan lainnya. Nah manakah yang harus dipelajari?

Nah melalui artikel kali ini MIT School akan memberikan alasan mengapa sebaiknya kamu belajar PHP.

Inilah Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Belajar PHP

PHP Lebih Populer

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa PHP merupakan bahasa pemrograman paling populer. Bukan hanya di Indonesia saja, PHP telah banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan 80% dari 10 juta situs top dunia menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman yang digunakan. Dalam banyak kasus PHP selalu masuk top 10 bahasa pemrograman yang banyak digunakan.

PHP Memiliki Komunitas Yang Besar

Tidak dipungkiri bahwa PHP memiliki basis komunitas yang begitu besar. Bahkan grup PHP Indonesia yang ada di Facebook memiliki 100 ribu lebih anggota. Dengan memiliki basis komunitas yang begitu besar hal ini memudahkan bagi kamu untuk saling sharing dan bertanya ketika ada kesulitan.

PHP Memiliki Dukungan Sumber Bahasa Indonesia Yang Melimpah

Bahasa masih menjadi kendala bagi sebagian orang dalam belajar sesuatu. Sumber belajar pemrograman dalam bahasa Indonesia masih tergolong minim. Namun pengecualian untuk PHP. Banyak situs blog yang mengulas tutorial maupun pembelajaran PHP dalam bahasa Indonesia. Tidak sulit untuk mencari tutorial pembelajaran PHP dalam bentuk teks maupun video.

PHP Didesain Untuk Web

Sejak pertama kali dibuat PHP memang didesain untuk web. Rasmus Lerdorf merupakan seorang pemrogram dari Denmark/Greenland dan pencipta bahasa pemrograman PHP. Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP. Aplikasi PHP yang dibuat pertama kali merupakan skrip untuk mengolah data formulir dari web.

PHP Memiliki Prospek Lapangan Kerja Yang Luas

Jika kamu melihat lowongan pekerjaan di bidang digital IT, tengoklah selalu ada lowongan pekerjaan di bidang PHP. Ini membuktikan bahwa seseorang dengan memiliki keahlian di bidang pemrograman PHP sangat dibutuhkan di industri digital. Jadi jangan takut tidak mandapatkan pekerjaan dengan memiliki skill pemrograman PHP.

PHP Mudah Dipelajari

Bahasa pemrograman PHP relatif lebih mudah dipelajari. Berbeda dengan bahasa pemrograman seperti C/C++ maupun Java yang akan membuat kepala pusing. Dan pada kenyataanya banyak programmer yang menguasai PHP walaupun mereka tidak memiliki latar belakang ilmu komputer atau informatika.

Hosting PHP Murah Meriah

Aplikasi web yang dibuat dengan PHP tidak banyak membutuhkan spesifikasi server khusus supaya bisa diakses pengguna. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya yang membutuhkan spesifikasi server khusus. Banyak penyedia layanan hosting aplikasi web berbasis PHP dengan harga murah.

Kesimpulan Mengapa Kamu Harus Belajar Pemrograman PHP

Nah dari berbagai alasan tersebut, dan mungkin pembaca bisa menambahkan alasan lainnya mengapa kita harus belajar pemrograman PHP. Dengan begitu bagi kalian yang hendak terjun di bidang web development dan bingung memilih bahasa pemrograman mana yang perlu dikuasai lebih dulu maka PHP adalah pilihan yang tepat.

Di MIT School kami juga membuka kelas khusus pelatihan & kursus pemrograman PHP gratis yang dibimbing oleh guru profesional yang ahli dibidang PHP programming. MIT School adalah sekolah pendidikan non formal tempat kursus & pelatihan programming gratis yang bertujuan mencetak generasi muda yang terampil di bidang pemrograman. Tertarik gabung di MIT School? bisa daftar disini.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...