MIT School Muslimah : Logika Dasar Pemrograman “Lightbot Games”

MIT School Muslimah : Logika Dasar Pemrograman “Lightbot Games”

lightbot

Ingin jadi programer layaknya Leah Culver? Seorang perempuan yang tidak diragukan lagi jam terbangnya dalam urusan programing, pendiri serta pengembang utama dari mikroblogging Pownce yang dikemudian hari diambil alih perusahaan lain, atau ingin seperti programer profesional lainnya. Siapapun itu yang kalian idolakan dalam dunia programing, semua itu butuh usaha untuk mewujudkannya dimulai dengan langkah awal yaitu action. Yups,,, banyak yang bermimpi ingin menjadi programer tetapi masih pada ranah angan dibenak saja, beberapa juga ingin melangkah pada tahap action tetapi masih bingung harus memulai dari mana.

Baik, langkah awal mengenal logika dasar pemrograman menggunakan Lightbot Games. Lah kok game? Eits,,, jangan salah game ini akan membantu kalian memahami logika dasar pemrograman. Game ini direkomendasikan untuk kalangan anak usia dini sesuai dengan keterangan yang tertera pada situsnya, terus bagaimana dengan umur yang terbilang tidak lagi pada skala usia dini. Oh untuk itu silahkan dicoba sendiri karena terbukti banyak kalangan yang tidak tergolong usia dini lagi agak kewalahan menyelesaikan game ini.

Games lightbot ini membantu untuk memahami logika pemrograman terdiri dari flow, procedure, serta loop. Dalam Lightbot, pemain memindahkan robot lightbot melalui berbagai teka-teki, ubin biru menyala dan memecahkan tiap levelnya. Membuat mini-program sendiri,  dengan tindakan seperti bergerak maju, belok kanan dan menyala, dimana pengguna pindah ke layar coding di sebelah kanan. Sebuah tombol putar hijau kemudian menjalankan program.

Level 1: Basic

Basic

Secara tidak langsung mengontrol robot dengan menulis sebuah program yang terdiri dari perintah-perintah dasar seperti “berjalan”, “belok kanan”, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menerangi semua ubin biru dengan menggunakan perintah “cahaya” atas robot.

Level1.1

Petunjuk Level 1-1:
Main: Lurus, Lurus, Bercahaya

Level1.2

Petunjuk Level 1-2:
Main: Lurus, Lurus, Kiri, Lurus, Lurus, Kiri, Lurus, Lurus, Bercahaya

level1.3

Petunjuk Level 1-3:
Main: Lompat, Kanan, Lompat, Kanan, Lompat, Bercahaya

Level1.4

Petunjuk Level 1-4:
Main: Lurus, Lurus, Kiri, Lompat, Lompat, Lompat, Lompat, Bercahaya

Level1.5

Petunjuk Level 1-5:
Main: Bercahaya, Lompat, Lurus, Kiri, Lurus, Bercahaya, Lompat, Kiri, Lurus, Lurus, Bercahaya

Level1.6

Petunjuk Level 1-6:
Main: Lompat, Kiri, Lurus, Lompat, Bercahaya, Kiri, Lurus, Lurus, Kanan, Lompat, Lurus, Bercahaya

Level1.7

Petunjuk Level 1-7:
Main: Lurus, Kiri, Lompat, Bercahaya, Lompat, Bercahaya, Kiri, Lompat, Bercahaya, Kiri, Lompat, Bercahaya

Level1.8

Petunjuk Level 1-8:
Main: Lompat, Lompat, Kanan, Lurus, Kiri, Lompat, Bercahaya, Kiri,Lurus, Bercahaya, Lompat, Bercahaya

 

Level 2: Procedures

Procedures

Memiliki sejumlah slot untuk perintah dari pemain, sehingga sebagian besar teka-teki mengharuskan pemain untuk mengambil keuntungan dari pola berulang membuat program cukup pendek. Permainan ini sering memaksa untuk menggunakan subrutin secara eksklusif, dengan hanya menyisakan satu slot yang tersedia di buffer program utama.

Level2.1

Petunjuk Level 2-1:
Main: P1, Kanan, P1, Kanan, P1
Proc1: Lurus, Lurus, Lurus, Bercahaya

Level2.2

Petunjuk Level 2-2:
Main: P1, Kanan, P1, Kanan, P1, Kanan,P1, Kanan, Bercahaya
Proc1: Lurus, Kiri, Lurus

level2.3

Petunjuk Level 2-3:
Main: P1, Kiri, Lompat, Kiri, P1, Kanan, Lompat, Kanan, P1
Proc1: Lurus, Lurus, Lurus, Bercahaya

Level2.4

Petunjuk Level 2-4:
Main: P1, Kanan, P2, Kiri, Lurus, Lurus, Kiri, P2
Proc1: P2, Kanan, Lurus, Lurus
Proc2: Lurus, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lurus, Bercahaya

Level2.5

Petunjuk Level 2-5:
Main: P1, Kanan, Lompat, Kanan, P1, Kanan, Lompat, Kanan, P2
Proc1: P2, Kiri, Lompat, Kiri, P2
Proc2: Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lompat, Lurus, Lurus

Level2.6

Petunjuk Level 2-6:
Main: P1, Lompat, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Kanan, Lompat, Lompat, Kanan, P1, Lompat, P2
Proc1: P2, Kiri, Lurus, Bercahaya, Kiri, Lurus, Bercahaya, Lompat
Proc2: Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lompat, Lompat, Bercahaya, Lurus, Bercahaya

Level 3: Loop

Loops

Subrutin dengan cepat diperkenalkan; Pemain dapat menulis hingga dua dari instruksi, dan memiliki perintah yang sesuai untuk instruksi. Pemain dapat membuat loop tak terbatas dengan menggunakan “panggilan” perintah pada akhir subrutin. Permainan menyebutnya “rekursi”, tapi itu mempersulit untuk menggunakan nama karena tidak ada konsep panggilan, dan ketika “kembali” pernyataan diperkenalkan, sehingga kembali ke panggilan PERTAMA ke subrutin.

Level3.1

Petunjuk Level 3-1:
Main: P1
Proc1: Lurus, Bercahaya, P1

Level3.2

Petunjuk Level 3-2:
Main: P1
Proc1: Lompat, Bercahaya, P1

Level3.3

Petunjuk Level 3-3:
Main: P1
Proc1: Lurus, Becahaya, Kiri, Lurus, Lompat, Bercahaya, Lompat, P1

Level3.4

Petunjuk Level 3-4:
Main: P1
Proc1: Bercahaya, Lurus, Kiri, Lurus, Bercahaya, Kanan, Lurus, P1

Level3.5

Petunjuk Level 3-5:
Main: P1
Proc1: P2, Kiri, P1
Proc2: Bercahaya, Lompat, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lurus, Bercahaya, Lompat

Level3.6

Petunjuk Level 3-6:
Main: P1
Proc1: P2, Kanan, Lurus, Kiri, Lompat, Kiri, P1
Proc2: Bercahaya, Lompat, Kiri, Lurus, Bercahaya, Kanan, Lompat, Lompat

Ketika bermain melalui tingkat ini, ada banyak pengulangan dan hanya menggunakan teknik yang sama berulang.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...