Macam Tipe Data Pada SQL

Macam Tipe Data Pada SQL

Macam Tipe Data Pada SQL

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari perintah-perintah dasar SQL. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari macam-macam tipe data SQL.

Data merupakan inti utama dalam database. Selain harus mempelajari perintah SQL sebagai bahasa untuk mengolah data, kita tentunya juga harus mengetahui jenis-jenis data yang diolah dan disimpan dalam database.

Tipe data digunakan untuk mendefinisikan jenis data yang disimpan dalam setiap kolom suatu database. Jadi, data yang akan disimpan dalam suatu kolom tentunya harus sesuai dengan tipe data yang sebelumnya telah didefinisikan saat membuat kolom.

Secara garis besar, tipe data SQL terbagi menjadi 5 tipe data, yaitu:

  1. Tipe Data Numeric
    Tipe data ini digunakan untuk menampung data berupa nomor atau angka. Sebagai penanda bahwa suatu data merupakan data berjenis Numeric adalah dapat dilakukan operasi aritmatika (penambahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian) atas data tersebut. Tipe data ini dapat berupa bilangan bulat (integer) maupun bilangan pecahan (float), bilangan positif maupun negatif.
  2. Tipe Data String/Character
    Tipe data ini digunakan untuk menampung data berupa karakter, bisa berupa huruf, angka maupun tanda baca. Tipe data ini ditandai dengan adanya tanda petik satu/single quote (‘) ataupun tanda petik dua/double quote (“) yang mengapit di awal dan akhir data. Misalnya: “Bvahsdshu776” atau ‘665858&476t-h’.
  3. Tipe Data Date & Time
    Tipe Data ini digunakan untuk menampung data berupa tanggal dan waktu. Format penulisan standar untuk tanggal adalah “tahun-bulan-tanggal”, misalnya 2017-09-18. Sedangkan untuk waktu, format penulisannya adalah “jam:menit:detik”, misalnya 11:07:39. Data yang disimpan dapat berupa bulan saja, tahun saja, menit saja ataupun kombinasi antara tanggal dan waktu.
  4. Tipe data BLOB
    BLOB merupakan singkatan dari Binary Large Object. Tipe data ini digunakan untuk menampung data biner dengan panjang maksimumĀ 4294967295 karakter.
  5. Tipe data lainnya
    Tipe data ini meliputi semua tipe data yang tidak termasuk 4 tipe data sebelumnya. Misalnya Boolean yang hanya memiliki nilai true dan false, Null yang merupakan tipe data kosong, tanpa nilai atau tidak terdefinisikan.

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai tipe data pada SQL. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : Muhammad Imam Syafi’i (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...