Mari Sambut Ramadhan

Mari Sambut Ramadhan

sumber:http://www.guoguiyan.com

Alhamdulillah, teramat singkat sekali waktu berputar, kini sudah sampai di penghujung bulan sya’ban, dan akan segera tiba bulan yang agung yang didalamnya dilipatgandakannya ‘amal kebaikan, dan didalamnya terdapat satu malam yang bernilai dengan seribu bulan, yakni lailatul Qadr.

Mari kita persiapkan diri kita untuk menyambut datangnya bulan yang mulia ini, sehingga kita bisa meraih berbagai keutamaanya. Nah berikut ini adalah hal – hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan :

1. Niat

Kita semua tahu bahwa semua hal berawal dari niat. Namun terkadang niat bisa berubah-ubah. Niat di awalnya apa nanti beda dengan niat saat dan setelah sesuatu hal tersebut terjadi. Sama dengan halnya dengan amalan-amalan yang akan kita laksanakan pada bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yaitu “Sesunguhnya amal perbuatan tergantung pada NIATnya” (HR : Bukhori). Mari kita niatkan setiap amalan kita hanya semata mengharapkan ridho dari Allah SWT.

2. Persiapan Ilmu

Agar amalan atau aktifitas kita selama bulan Ramadhan dapat berjalan dengan optimal maka kita perlu ilmu, wawasan serta pemahaman yang benar mengenai bulan Ramadhan serta amalan-amalannya. Tentunya amalan tersebut haruslah sesuai dengan tuntunan Rasullullah SAW. Saat ini banyak ulama-ulama yang sudah membahas mengenai amalan-amalan selama bulan Ramadhan dan sudah dibuat dalam bentuk buku serta banyak juga majlis-majlis ilmu yang membahas tentang Ramadhan. Dalam beramal kita harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu, jangan sampai kita mengerjakan amal yang salah yang tidak pernah dilakukan oleh tuntunan kita Nabi Muhammad SAW.

3. Persiapan Fisik

Persiapan fisik juga merupakan persiapan yang cukup penting. Untuk melaksanakan amalan ataupun aktifitas selama bulan Ramadhan kita haruslah memiliki kondisi fisik yang fit, stabil dan kuat.. Sebab dengan fisik yang kuat kita dapat meraih kemulian pada bulan Ramadhan dengan maksimal.

4. Persiapan Harta

Seperti yang kita tahu bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Untuk itu segala macam amalan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda oleh Allah seperti infaq dan shodaqoh. Tentunya tak lupa pula zakat fitrah yang harus kita keluarkan sebelum berakhirnya bulan Ramadhan. Maka kita perlu mempersiapkan harta kita sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan. Agar pada saat bulan Ramadhan kita bisa fokus untuk beribadah

5. Persiapan Peningkatan Diri

Seperti apa diri kita dan sudah berada ditingkatan mana kita saat ini hanya kita yang tahu. Perubahan untuk lebih baik atau hijrah ke arah yang lebih baik haruslah kita laksanakan terus menerus dan hanya akan berakhir saat kita berjumpa dengan Sang Pemilik diri kita ini yaitu Allah SWT. Untuk itu dengan meningkatnya amalan-amalan kita saat bulan Ramadhan semoga dapat kita laksanakan juga pada bulan-bulan setelahnya. Ibaratnya bulan Ramadhan itu latihannya, ujiannya nanti dibulan-bulan selanjutnya. Harapannya kita juga mampu untuk melaksanakan amalan tersebut seperti puasa sunnah senin-kamis atau puasa setiap pertengahan bulan hijriah, tadarus Al-Quran dan melaksanakan sholat malam. Sehingga apabila kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun selanjutnya kita memliki persiapan yang lebih lagi dan membuat Ramadhan kiat lebih baik lagi.

Untuk rekan-rekan peserta MIT jangan lupa pesiapan juga buat pulang kampung*, mari kita jadikan ramadhan ini menjadi moment untuk berbakti pada orang tua kita,

Dengan persiapan ini semoga amalan dan aktifitas yang kita lakukan pada bulan Ramadhan nantinya dapat kita lakukan dengan optimal. Bukankah rencana Allah SWT jauh lebih indah dari segala yang kita rencanakan, maka mari rencanakanlah Ramadhan kita seindah mungkin agar Allah SWT menjadikan Ramadhan kiat menjadi Ramadhan terindah.

*syarat dan ketentuan berlaku, wkwk

Ditulis oleh : Cucu Mohamad Irsad (Peserta didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...