Mengenal Apa Itu Framework ???

Mengenal Apa Itu Framework ???

Mengenal apa itu framework

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Kali ini saya akan menjelaskan apa itu framework (kerangka kerja).

Framework adalah sebuah software untuk memudahkan seorang programmer untuk membuat sebuah aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membuat suatu sistem tertentu.

Framework juga memiliki beberapa manfaat, kekurangan, dan kelebihan, Antara lain:

Manfaat framework.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan menggunakanya framework untuk pengembangan aplikasi, antara lain:

  • Coding style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan dalam menemukan bugs.
  • Penggunaan komponen-komponen reusable, waktu pengembangan lebih singkat penerapan design patterns memudahkan dalam rancangan, pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  •  Stability dan reliability, aplikasi yang kita bangun lebih stabil dan handal karena berbasis pada framework yang sudah teruji stabilitas dan kehandalannya.
  • Security concern, framework mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagai masalah keamanan yang mungkin timbul.
  •   Dokumentasi, framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumentasi untuk apa yang kita tulis.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat framework dalam dunia pemrograman.

Kekurangan Framework.

Dari satu sisi framework tidak mempunyai kekurangan. Namun pemilihan framework yang salah akan menjadi sebuah bencana bagi penggunanya.

namun ada beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih framework:

pertama, dokumentasi dari framework itu sendiri. Dokumentasi sangat penting adanya mengingat pada umumnya tidak banyak orang/perusahaan yang membuat framework sendiri dalam membuat applikasi. Oleh karena itu kita akan sangat tergantung dengan dokumentasi yang di sediakan oleh framework yang kita pilih.

Selanjutya, kesesuian framework tersebut dengan aplikasi apa yang hendak kita kembangkan. Maksudnya sebaiknya kita memilih framework dengan fasilitaas yang pas sesuai kebutahan kita dalam membuat web.

Lalu, perhatikan standar – standar framework yang ada, misalkan apakah framework tersebut MVC, apakah framework tesebut mendukung versi sekian, apakah mendukung templating dan lain-lain. Semakin banyak hal yang di support oleh framework tersebut semakin baik. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari software yang dikembangkan.

Dan yang terakhir, faktor kemudahan. Tentunya ini sangat tergantung dari sumberdaya yang ada. Standar kemudahan sangat sulit di ukur karena ini berhubungan dengan minat seseorang akan sesuatu. Namun berdasarkan dokumentasinya kita bisa mengira – ngira pola kerja framework tersebut.

Ada berbagai macam-macam framewrok, antara lain:

  1. Slim Framework (micro framewrok php).
  2. Lumen (micro framework php).
  3. Laravel.
  4. Symfoni.
  5. Zend framework.
  6. Django (untuk membuat aplikasi Web dengan bahasa Python).
  7. Bootstrap (Framework css).

Dan masih banyak lagi framework-framework yang lain.

Kelebihan Framework

  • Ringan dan cepat. Framework hanya melakukan pemanggilan pustaka/kelas yang dibutuhkan sehingga meminimalkan resource yang diperlukan sehingga ketika kita me-load sebuah halaman akan menjadi ringan dan cepat.
  • Menggunakan metode MVC. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan metode MVC akan mempermudah kita dalam memahami alur pemrograman karena untuk bagian tampilan, logika dan query database telah dipecah sedemikian rupa.
  •   Mayortitas mendukung berbagai jenis database.

Mungkin demikian penjelasan “Mengenal apa itu framework” yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Ditulis oleh : Farhan Mustaqiem (Peserta didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...