Mengenal Dasar Pemrograman Java

Mengenal Dasar Pemrograman Java

Kali ini kita akan membahas tentang java, Apa itu java? Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Untuk bisa bekerja dengan Java, maka kita perlu melakukan instalasi Java Development Kit (JDK) atau Java 2 Software Development Kit (J2SDK). Setelah JDK terinstall kemudian kita menginstall developnya seperti netbeans, intellij, dll. Setelah selesai kita coba menampilkan tulisan ke layar dengan script di bawah ini.


 public class Hallo {
 public static void main(String args[]) {
 System.out.println("Hallo...");
 }
} 

Di java ada yang namanya indentifier. Identifier adalah nama yang diberikan untuk variabel, class atau method. Penamaan identifier ini bersifat case-sensitive dan tidak dibatasi panjang maksimum. Java mempunyai 48 kata kunci, seperti if, int, void, dan lain-lain. Kata-kata kunci tersebut tidak bisa dipakai sebagai identifier. Selain kata kunci, Java juga mempunyai 3 kata literal, yaitu true, false dan null, yang juga tidak bisa dipakai untuk penamaan.

Java mempunyai 8 tipe dasar, yaitu boolean, char, byte, short, int, long, float, dan double. Dari 8 tipe data dasar tersebut bisa dikelompokkan menjadi 4 kelompok data yaitu, integral, floating point, character, dan logical.

Yang termasuk dalam kelompok data integral atau bilangan bulat adalah byte, short, int dan long. Nilai default untuk kelompok data integral adalah int. Yang termasuk dalam kelompok data floating point adalah float dan double dengan nilai default double.

Sedang yang termasuk dalam tipe data character adalah char yang direpresentasikan dengan Unicode leter. Dan kelompok data yang terakhir adalah logical yaitu boolean dengan hanya dua buah nilai saja yang diijinkan yaitu “true” dan “false”.

Spesifikasi panjang bit dan range serta nilai default untuk masing-masing tipe data bisa dilihat pada Tabel dibawah ini.

Tabel Spesifikasi panjang bit dan nilai default tipe data dasar

 

Mencetak nilai default dari tipe dasar

 
public class DefaultValue {
static boolean b;
static char c;
static byte bt;
static short s;
static int i;
static long l;
static float f;
static double d;
 public static void main(String args[]) { 

 System.out.println("Default value b = " + b);
 System.out.println("Default value c = " + c);
 System.out.println("Default value bt = " + bt);
 System.out.println("Default value s = " + s);
 System.out.println("Default value i = " + i);
 System.out.println("Default value l = " + l);
 System.out.println("Default value f = " + f);
 System.out.println("Default value d = " + d);
}
} 

Sekian dulu yang bisa dibahas untuk dasar pemrograman java , tunggu materi selanjutnya ya.

Ditulis oleh : Muchammad Alvin Tri Bachtiar (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...