MIT School Muslimah : Mengenal Komputer Server

MIT School Muslimah : Mengenal Komputer Server

komputer-server

Komputer Server adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki resource atau spesifikasi yang tinggi yang ditugaskan sebagai pusat atau induk dalam sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk melayani komputer – komputer client yang terdapat pada jaringan komputer tersebut, baik hanya pada sebuah jaringan intranet maupun pada jaringan internet.

Dalam sebuah insfrastruktur jaringan komputer baik dalam skala kecil, menengah ataupun dalam skala besar, sebuah komputer server wajib memiliki resource atau spesifikasi yang tinggi, seperti processor yang cepat, RAM dengan kapasitias besar dan media penyimpanan untuk dapat menampung data-data yang dibutuhkan, dan juga sebuah komputer server harus dilengkapi dengan sebuah sistem operasi server sehingga dapat menjadi kendali jaringan yang handal. dengan demikian sebuah komputer server merupakan salah satu infrastruktur yang paling penting dalam sebuah organisasi. selain bertugas untuk melayani komputer – komputer client, sebuah komputer server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer dan memberikan akses kepada workstation atau komputer – komputer client.

Pada umumnya sebuah komputer server yang dilengkapi dengan sistem operasi server khusus yang menyediakan berbagai macam layanan dengan arsitektur client/server seperti : DHCP server, DNS server, HTTP server, MAIL server, FTP server dan berbagai macam layanan lainnya.

Jenis Komputer Server

Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer.

1. Server Aplikasi

Server aplikasi adalah sebuah komputer server yang bertugas sebagai media penyimpanan aplikasi – aplikasi dimana aplikasi tersebut nantinya dapat diakses dari komputer client pada sebuah jaringan komputer. server aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan/organisasi berskala besar dimana perusahaan tersebut setiap harinya mengolah data dalam jumlah bersar. Contoh dari penerapan sebuah server aplikasi adalah pada mall/super market, hotel, universitas dan lain lain.

2. Database Server

Database server adalah sebuah komputer server dengan sistem operasi server yang bertugas untuk menyediakan layanan pengelolaan basis data untuk komputer lainnya yang menerapkan sebuah model database berbasis client-server. untuk beberapa kegiatan database server biasa digunakan untuk analisis data, pengarsipan, penyimpanan data dan lain-lain. Dalam sebuah insfrastruktur jaringan beberapa perusahaan yang menerapkan sebuah sistem client-server membuat database server terpisah dari server aplikasi mereka, sebuah database management system terisntal seperti MS SQL Server, Oracle, MySQL, Firebird dan sebagainya.

3. Mail Server

Mail server atau yang sering disebut juga emial server adalah sebuah komputer server yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak mail server sehingga memungkinkan pengguna/user untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau email satu sama lain dalam suatu jaringan komputer melalui internet. layanan ini menggunakan arsitekur client-server yang mana mail server bertindak sebagai Mail Transfer Agent (MTA) yang bekerja menampung dan mendistribusikan email pada suatu jaringan. Mail server bekerja menggunakan protocol SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL), pop3 (post office protocol v3), Mail server menggunakan imap smtp untuk menampung dan mendistribusikan email. sedangkan pop3 dan imap agar pengguna/user dapat mengambil serta membaca email secara remote.

4. Web Server

Web Server atau dalam bahasa indonesia disebut server web adalah sebuah komputer server dengan perangkat lunak (software) yang berjalan dibawah sistem operasi server berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protokol HTTP atau HTTPS berupa halaman web dari client, kemudian Web server mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya menggunakan format HTML (hypertext markup language).

5. File Server

File server adalah sebuah komputer server yang memberikan layanan untuk menyediakan penyimpanan data secara terpusat kemudian memberikan akses bersama kepada setiap komputer/workstation pada sebuah jaringan komputer. sebuah file server biasanya menggunakan server domain atau server workgroup sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengolahan file.

6. Proxy Server

Proxy server adalah sebuah komputer server yang berfungsi untuk menjembatani atau yang mempunyai peran sebagai penghubung setiap workstation yang terdapat pada jaringan lokal dengan jaringan internet. pada istilah lainnya proxy server juga disebut sebagai gateway pada sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk mengendalikaan atau memonitor lalu-lintas paket data, disamping itu proxy server juga memiliki fitur untuk melakukan filtering sehingga bisa mengontrol terhadap akses lalu-lintas paket data pada sebuah jaringan komputer.

7. VPS Server

VPS (Virtual Private Server) adalah komputer server yang memungkinkan sebuah physical server yang berjalan dibawah sistem virtualisasi dibagi menjadi beberapa mesin virtual. Dalam teknologi virtualisasi server, sebuah server virtual dapat menjalankan sistem operasi sendiri seolah-olah menjadi sebuah server, sehingga sebuah virtual server dapat di reboot secara terpisah (tanpa harus mem-reboot server utama). resource server yang alokasikan dalam sebuah VPS antara lain, CPU Core, CPU Usage, RAM, dan storage.

8. Cloud Server

Cloud Server adalah sebuah teknologi komputer server terbaru saat ini yang memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai penyimpanan (storage virtual) dan beberapa server lain (Host) dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Hampir sama dengan VPS, namun yang menjadi kelebihan cloud server adalah masing-masing server virtual dapat membentuk sebuah VLAN seperti halnya server-server yang terhubung pada jaringan LAN, namun setiap mesin virtual memiliki secure VLAN masing-masing sehingga tidak bisa saling memasuki dan infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup sehingga memberikan kemudahan ketika ingin melakukan upgrade terhaadap resource server tersebut.

9. SSH Server ( Secure Shen )

SSH Server merupakan komputer server yang dipasang sebuah aplikasi khusus sehingga kita bisa mengendalikan atau mengirimkan perintah eksekusi kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

10. DNS ( Domain Name System )

DNS Server merupakan sebuah server yang dipasang sebuah aplikasi agar supaya dapat berfungsi untuk menterjemahkan sebuah nama domain ke IP address, jadi sobat tidak perlu mengingat nomer ip sebuah komputer, cukup mengingat nama domain dari komputer tersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalam pengaplikasiannya.

11. DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)

Sebuah komputer server dengan aplikasi khusus dan berfungsi untuk memanagement pengalokasian alamat IP dalam sebuah jaringan. Dengan adanya server ini sobat tidak usah melakukan pengisian alamat IP pada masing – masing komputer client, karena akan diberikan secara otomatis oleh server ini. Port yang digunakan untuk DHCP adalah port 67 atau 68.

12. Samba Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi dan berfungsi untuk melayani permintaan sharing atau tukar menukar data antara dua komputer client yang berbeda sistem operasinya misalnya Linux dan Ms. WIndows. Port yang digunakan untuk Samba Server adalah 137 dan 139.

13. FTP Server

Sebuah komputer server yang digunakan untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server atau client yang support TCP/IP. port yang digunakan untuk mentranfer data menggunakan protokol FTP adalah port 21.

Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi komputer server pada dasarnya tergantung kepada jenis komputer server yang akan digunakan dan fungsi dari komputer server itu sendiri. seperti yang telah dijelaskan diatas, antara jenis komputer server yang berfungsi sebagai database server pasti berbeda dengan spesifikasi komputer server yang berfungsi sebagai mail server, sehingga karena komputer server itu memiliki fungsi dan jenis yang berbeda-beda maka kita perlu meng-custom spesifikasi komputer server.

Agar sebuah komputer server dapat melayani semua kebutuhan dari fungsi server tersebut, berikut adalah beberapa komponen yang perlu di perhatikan dari sisi hardware dan software pada saat merencanakan sebuah spesifikasi komputer server :

A. Processor
Processor
 disarankan menggunakan processor yang memang didesain untuk keperluan server seperti XEON dari intel atau SPARC karena processor tersebut didesain dengan memiliki dukungan lebih untuk L3 chache, ECC RAM, dan core yang lebih banyak pada processor.

B. RAM
RAM
 pada komputer server disarankan menggunakan RAM ECC Memory sebab bisa menurunkan kinerja system sekitar 2 persen. untuk komputer server yang membutuhkan stabilitas tinggi bagusnya menggunkan RAM dengan Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory. karena RAM ECC Memory dilengkapi dengan fitur Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar pada komputer server.

C. Storage atau media penyimpanan
Storage atau media penyimpanan
 merupakan kebutuhan yang paling penting pada sebuah komputer server. fungsi yang paling utama dari sebuah komputer server adalah sebagai media penyimpanan data. sehingga untuk menunjang kebutuhan ini diperlukan spesifikasi yang khusus dari kompter server tersebut. Misalnya jumlah slot yang banyak untuk HDD dengan fitur hot-swap untuk hard disk tersebut, sehingga ketika terjadi masalah dapat terhindar dari data yang corrupt pada storage.

D. Konektivitas
Konektivitas
 pada komputer server juga sangat penting karena akan terhubung dengan client (workstation) pada jaringan, sehingga sebuah komputer server harus memiliki berbagai jenis koneksi.

E. Kartu Grafis
Kartu Grafis
 pada komputer server memang bukan komponen yang sangat penting, namun beberapa merk server tidak dilengkapi dengan fitur integrated graphics, sehingga kita harus menyiapkan kartu grafis secara terpisah, namun cukup menyediakan yang standard saja karena kebutuhannya bukan untuk menjalankan aplikasi grafis.

F. Power Supply
Power Supply
 sebuah komputer server disarankan menggunakan yang memiliki fitur hot-swap redundant power supply.

G. Cooling System
Coolong System 
pada Komputer server juga harus memiliki kualitas yang bagus dengan dilengkapi pendingin karena komputer server akan hidup dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

H. Software

Software pada komputer server juga harus dipilih sesuai dengan fungsi dan jenis komputer server tersebut, software dari komputer server ini terdiri dari sistem operasi server dan aplikasi-aplikasi pendukung fungsi dari komputer server tersebut mulai dari mengendalikan aktivitas di jaringan seperti setting jaringan, menata traffic dan bandwidth, autentikasi user, mengelola akun, menjaga keamanan data, dan lain sebagainya.

Tips Merawat Komputer Server

Karena komputer server mempunyai tugas yang cukup berat dan biasanya bekerja selama 24 jam nonstop. Apabila sobat menjadi seorang administrator server, perawatan Komputer Server merupakan suatu hal yang tidak boleh disepelahkan, berikut ini adalah tips yang bisa sobat terapkan untuk merawat Komputer Server agar kinerjanya tetap optimal.

1. Membersihkan secara rutin dari debu dan kotoran.

2. Memperhatikan fungsi software – software dari server itu sendiri, terutama software yang berhubungan dengan keamanan.

3. Melakukan backup data dan defragmentasi file secara rutin minimal sobat lakukan seminggu sekali.

Astri Novia Putri
Madani IT School

Related posts:

Loading Facebook Comments ...