Mengenal Tipe Data Pada PHP

Mengenal Tipe Data Pada PHP

Mengenal Tipe Data Pada PHP

Pada artikel-artikel sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu operator dan struktur kontrol yang ada pada PHP.  Kali ini kita akan mempelajari tipe data dan jenis-jenisnya pada bahasa pemrograman PHP.

Untuk menuliskan program dengan benar dan tepat, tentu dibutuhkan pemahaman yang baik mengenai jenis tipe data dan penggunaannya. Tak hanya pada PHP tetapi juga pada bahasa pemrograman lain. Tetapi pada artikel ini kita akan mempelajari tipe data hanya pada PHP.

Apa itu tipe data?

Tipe data adalah pengklasifikasian nilai suatu variabel yang menjadi pembeda dengan nilai variabel lain berdasarkan karakteristiknya.

Penulisan tipe data PHP

Tak seperti bahasa pemrograman lain yang pada umumnya harus dideklarasikan terlebih dahulu tipe datanya, misalnya saja pada java, pascal atau C++ . Pada PHP tidak perlu pendeklarasian jenis tipe data. PHP akan secara otomatis menentukan tipe data saat program dieksekusi.

Jenis-jenis tipe data PHP

Terdapat delapan jenis tipe data pada PHP, yaitu: string, integer, float, boolean, array, null, object dan resources. Penjelasan masing-masing tipe data dan penggunaannya akan dijelaskan pada artikel selanjutnya tentang Tipe Data PHP (Integer & Float).

Ditulis oleh : Muhammad Imam Syafi’i (Peserta Didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...