Mengunjungi Pasar Kotagede Yogyakarta

Mengunjungi Pasar Kotagede Yogyakarta

pasar kotagede

Berawal dari niat untuk membeli beberapa peralatan dapur untuk melengkapi yang sudah ada sebelumnya. Saya bersama empat kawan peserta didik MIT School lainnya akhirnya berangkat ke Pasar Kotagede yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari asrama.

Berhubung hari itu sedang libur dan masih belum ada tugas, karena masih awal-awal kami masuk MIT School. Kami berangkat dengan berjalan kaki, mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dan karena memang saat itu kami tidak memiliki kendaraan.

Pasar Kotagede oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama Pasar Legi Kotagede. Karena memang puncak keramaian pedagang dan pengunjung ada pada hari pasaran legi yang merupakan satu dari lima hari penanggalan jawa. Berdasarkan catatan sejarah, pasar ini dibangun pada abad ke-16. Ini berarti Pasar Legi Kotagede bahkan lebih tua dari Kerajaan Mataram Islam yang baru berdiri pada abad ke-17.

Kami berangkat dari asrama sekitar pukul 09.30 pagi. Menyusuri Jalan Depokan II, Jalan Nyi Ageng Nis,  Jalan Retno Dumilah, Jalan Ngeksigondo dan Jalan Kemasan. Akhirnya  kami sampai di Pasar Kotagede setelah berjalan kaki kurang lebih setengah jam.

Sesampainya di pasar, kami segera mencari lapak pedagang yang menjual peralatan rumah tangga. Tidak sulit bagi kami menemukannya. Ketika itu hanya ada satu pedagang peralatan rumah tangga yang membuka lapaknya. Pemiliknya seorang bapak-bapak yang dengan sabar menawarkan dagangnya. Setelah beberapa kali memilih dan tawar menawar harga, kami memutuskan untuk membeli beberapa sendok, gelas, nampan, kain lap dan hanger baju.

Siang itu pengunjung pasar tak terlalu ramai, karena memang hari itu bukan hari pasaran legi. Setelah selesai membeli kebutuhan maka selanjutnya kami berkunjung ke Masjid Agung Mataram sekalian sholat dhuhur disana. Masjid Agung Mataram merupakan masjid tertua di Kota Yogyakarta.

Ditulis oleh : Muhammad Imam Syafi’i (Peserta didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...