Menunggu Datangnya Bulan Ramadhan

Menunggu Datangnya Bulan Ramadhan

Alhamdulillah Saat ini para peserta didik MIT school sedang menanti detik-detik kedatangan bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bagi orang-orang mukmin, kepergian bulan Ramadhan jauh lebih disesalkan daripada kepergian seorang tamu mulia yang berlalu pergi.

Sekilas kita bertanya-tanya apa sih keutamaan bulan Ramadhan dibanding dengan bulan-bulan yang lain ? Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tiga keutamaan bulan Ramadhan, meskipun masih banyak lagi keutamaan bulan Ramadhan ini yang telah disebutkan oleh para ulama.

Keutamaan Bulan Ramadhan

  • Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan

Allah ta’ala berfirman, yang artinya :

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil )“ (Al Baqarah : 185)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata (Allah ta’ala memuji bulan bulan Puasa diantara bulan – bulan lainnya, dengan memilih bulan tersebut ( sebagai waktu ) diturunkannya Al Qur’an ) lihat Tafsir Ibnu Katsir 1 / 282

karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir ( di negeri tempat tinggalnya ) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan ( lalu ia berbuka ), Maka ( wajiblah baginya berpuasa ), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur“ (Al Baqarah : 185)

  • Dilipat gandakan pahala pada bulan Ramadhan

Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :

عمرة في رمضان تعدل حجة

pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku “

Ibnu Rajab rahimahullah berkata( Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru – gurunya yang berkata : apabila telah datang bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain)

  • Setan Dibelenggu  dan Pintu-pintu Neraka ditutup sedangkan Pintu-pintu Surga dibuka        

   ketika Ramadhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”[HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu].

Dengan tiga keutamaan bulan Ramadhan ini akan menambah semangat kita dalam menjalani puasa Ramadhan, Sekian semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Ditulis oleh : Muchammad Alvin Tri Bactiar (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...