MIT School Muslimah : Bermain Kode di XCode Playground

MIT School Muslimah : Bermain Kode di XCode Playground

Bagi kita yang baru mulai belajar programming, menggunakan Swift dan XCode bisa jadi membuat membuat kita ‘keder’ duluan. Nah, untungnya XCode menawarkan satu fitur keren agar kita bisa langsung mencoba kode-kodean dengan mudah dan bebas keder: Playground.

Playground adalah coding environment untuk Swift yang dapat kita temukan dalam XCode 6 ke atas. Dengan playground kita bisa langsung melihat output dari kode yang kita tulis.

Compiler dalam playground langsung berjalan begitu kita menuliskan statement baru. Hal ini membuat proses penelusuran kode menjadi lebih praktis.

Tidak hanya berguna bagi pemula, playground juga sangat berguna untuk keperluan eksplorasi dan eksperimen. Di samping itu, kita juga dapat membuat media belajar Swift dalam format playground. Juga, sebagaimana environment dari XCode, playground akan langsung mengingatkan kita jika ada statement yang salah atau error.

Untuk lebih jelas, mari kita jelajahi playground lebih dalam.

Membuat Playground Baru

Ketika membuka XCode, pilih opsi Get started with a playground.

mulai xcode

Kemudian kita akan diminta memberikan nama, menentukan platform, dan menyimpan file. Selanjutnya kita akan disambut dengan beberapa baris sederhana seperti ini.

hello xcode

Sebagaimana yang terlihat, kode di panel sebelah kiri akan langsung menampilkan hasilnya di panel sebelah kanan. Pada bagian atas kita bisa melihat status playground ini. Status Ready akan berubah menjadi Running begitu kita mengetikkan statement baru. Sekarang kita coba tambahkan beberapa baris sederhana lainnya..

seru xcode

..dan playground akan langsung menampilkan hasilnya di panel sebelah kanan. Kita tidak perlu menekan tombol excecute (segitiga biru di kiri bawah itu). Praktis kan.

Error Notification

Playground juga akan langsung mengingatkan kita kalau ia mendapati ada baris yang salah. Misalnya seperti yang ini..

error xcode

Auto-Complete

Selain itu playground, sebagaimana dalam XCode, juga memiliki fitur auto-complete sehingga kita bisa menulis kode dengan lebih mudah. Misalnya begitu mengetikkan ‘v’ playground akan otomatis menampilkan suggestions seperti ini..

Screen Shot 2016-03-17 at 18.46.18

Panel Navigator dan Utilities

Playground juga memiliki panel navigator dan utilities. Cek tiga icon di sebelah kanan atas. Untuk menampilkan navigator, klik pada icon sebelah kiri. Untuk menampilkan utilities, klik pada icon sebelah kanan. Icon di tengah jika diklik akan menampilkan panel debugging.

navi+help

Panel navigator terlihat dalam struktur folder hirarkis. Kita dapat menambahkan file-file lain (misalnya gambar atau file swift lain) dengan drag-drop langsung ke panel navigator. Ini sangat berguna jika kita ingin menambahkan gambar atau mereferensi program swift lain ke dalam playground. Untuk menambahkan file baru, klik kanan di area panel dan pilih New File.

Panel utilities terletak di sebelah kanan. Melalui panel ini kita dapat mengakses Quick Help dan fitur inspector lainnya serta melihat library. Terlihat pada gambar bahwa panel utilities sedang meng-inspect variabel ‘str’.

Quick-look Image

Dalam contoh di bawah ini kita mencoba menampilkan gambar ke dalam playground. File berjudul “swift-og.png” sudah ditambahkan ke dalam Resources, sehingga kita bisa langsung mengaksesnya. Klik icon di tepi kanan panel result untuk menampilkan quick-look gambar.

Screen Shot 2016-03-17 at 17.58.01

Demikianlah sekilas tentang fitur-fitur playground pada XCode. Untuk lebih dalam mempelajari Swift, Apple sudah menyediakan file Guided Tour dalam format playground yang dapat didownload pada link ini.

Selamat bermain kode-kodean!

Related posts:

Loading Facebook Comments ...