Modal Untuk Menjadi Seorang Freelancers Web Developer

Modal Untuk Menjadi Seorang Freelancers Web Developer
Modal Untuk Menjadi Seorang Freelancers Web Developer

Sumber gambar: www.youtube.com

Blog MIT School | Pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke atahun. Industri digital juga terus menunjukkan peningkatan. Hal tersebut membuat banyak pelaku bisnis yang mulai melirik internet sebagai media pemasaran online.

Website menjadi salah satu cara yang efektif untuk menampilkan informasi bisnis di internet. Dalam merancang sebuah situs web juga diperlukan keahlian serta keterampilan khusus. Sehingga tidak sembarangan orang mampu dalam merancang sebuah situs web.

Banyak sekali perusahaan layanan jasa pembuatan situs web yang ada baik di dalam dan luar negeri yang bisa digunakan. Dan dengan melihat peluang kerja di bidang IT khususnya pemograman web menjadikan banyak yang tertarik dan minat untuk belajar dan menjadi seorang programmer yang handal di bidang pemograman web.

Selain peluang yang masih terbuka lebar bagi seorang programmer web untuk kerja gabung bersama perusahaan perancang situs web maupun start up yang ada. Seorang programmer web juga bisa kerja sendiri secara mandiri sebagai seorang freelancers. Seorang freelancers atau pekerja lepas adalah seorang pekerja sambilan atau pekerja lepas, adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu.

Kamu mempunyai keahlian dibidang pemograman web dan tertarik menjadi seorang freelancers?

Inilah Modal Dasar Untuk Menjadi Seorang Freelancers Web Developer

  1. Buatlah web pribadi yang menarik untuk menunjukan keterampilanmu. Bagaimana kamu bisa dipercaya oleh klien sebagai seorang perancang situs web jika kamu sendiri tidak mempunyai web pribadi yang bisa dibanggakan?
  2. Cantumkan portofolio, karena portofolio akan menunjukan kemampuan seseorang. Dan portofolio adalah bukti nyata kepada calon klien tentang proyek yang pernah kamu kerjakan
  3. Harus menguasai : Skill dalam grafis dan membuat program.
  4. Ikut aktif di suatu komunitas IT yang ada di kota mu, untuk menambah wawasan trend sekaligus ajang sharing online/offline.
  5. Buat iklan di situs gratis. Manfaatkan media online yang ada untuk promosi.
  6. Tepati jadwal dengan klien, kalau molor semuanya jadi mundur; Pembayaran mundur sedangkan biaya operasional tidak bisa mundur. lebih cepat lebih baik.
  7. Harus menghemat keuangan, Prioritaskan pada komputer (Software dan Hardware) untuk menunjang kegiatan kerja.
  8. Asah keterampilan, agar klien berminat. Manfaatkan koneksi dan relasi yang ada. Misal ; tawarkan website ke saudara atau teman-teman dengan harga yang menarik.
  9. Memahami bahasa inggris minimal tulisan karena internet umumnya berbahasa inggris.
  10. Berani melakukan kontak dengan orang luar negeri untuk mendapatkan peluang. Gunakan sosial media untuk berinteraksi.
  11. Manfaatkan mesin pencari Google untuk alat bantu dalam menggali ide.
  12. Harus mendapatkan, memperhatikan, memahami dan mendatangkan kontrak kerja sebelum melakukan pekerjaan. Karena tanpa kontrak kerja posisi Freelancers lemah. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, misal tidak dibayar atau ditipu maka freelancers tidak dapat menuntut karena kurang cukup bukti dan pelajari masalah pajak untuk freelancers.
  13. Memiliki komputer minimal RAM 4 giga. Karena software-software yang ada sekarang menuntut sumber daya yang tinggi demi kelancaran dalam bekerja.
  14. Pelajari software-software pendukung, semisal Adobe Photoshop, Notepad++, dsb.
  15. Harus punya koneksi internet, untuk keperluan upload file, browsing trend, sharing dengan komunitas (dengan demikian akan meminimalisir biaya operasional).
  16. Harus menguasai materi pemrograman, semisal PHP atau ASP dan untuk Database harus menguasai MySQl.

Itulah sedikit gambaran modal dasar yang harus dimiliki bagi seorang yang ingin terjun sebagai freelancers web developer. Tentu saja skill atau keahlian di bidang pemograman web sangat penting sekali dikuasai.

Namun terkadang ilmu yang didapat di bangku kuliah jurusan IT sangat minim sekali untuk bisa diterapkan di industri digital saat ini yang perkembangannya sangat pesat sekali.

Seorang calon programmer web harus mampu dan terus mengasah skill bahasa pemograman web yang digunakan dan terus belajar hal baru supaya lebih ahli.

Belajar bahasa pemograman web bisa dilakukan dengan cara otodidag dan juga bisa melalui workshop-workshop maupun tempat kursus yang menyelenggarakan.

Nah bagi kamu yang tertarik ingin menjadi seorang web developer dan menguasai bahasa pemograman web dengan baik, ada kabar gembira dari MIT School.

MIT School adalah sebuah program non profit yang menjadi tempat kursus pemograman web gratis. Siswa MIT School akan dibimbing untuk menguasai bahasa pemograman web khususnya PHP dengan mentor yang ahli dibidangnya.

Dengan memiliki skill yang didapat dari kursus web developer di MIT School, hal itu menjadi salah satu modal bagi kamu untuk melamar pekerjaan di bidang IT maupun menjadi seorang freelancers.

Tertarik ingin mengikuti kursus web developer gratis, daftar sekarang di MIT School.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...