Operator LIKE Pada SQL

Operator LIKE Pada SQL

Halo teman-teman, kalo kita perhatikan dalam setiap web biasanya ada menu pencarian, betul gak? yupp, kita akan sangat terbantu dengan adanya menu pencarian ini, kita bisa memfilter data yang kita butuhkan. Bagaimanakah data itu muncul sesuai dengan apa yang kita butuhkan atau kita cari? nah pada artikel ini kita akan belajar tentang bagaimana menampilkan data pada sql dengan menggunakan operator LIKE.

Operator LIKE ini digunakan ketika kita menggunakan sintaks WHERE, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, sintaks WHERE ini akan menyeleksi data berdasarkan nama kolom yang  dipilih, dengan adanya operator like kita bisa menyeleksi data isi kolom yang memiliki pola yang kita tentukan. Adapun simbol yang akan kita gunakan dalam penggunaan operator LIKE adalah sebagai berikut:

  1. % (percent)

Simbol ini digunakan untuk membatasi pola karakter, bisa digunakan untuk karakter kosong, satu karakter atau banyak karakter. Berikut ini saya sertakan contoh, tabel yang digunakan adalah tabel propinsi yang berisi nama propinsi di Indonesia:

a. Penggunaan tanda % di awal karakter, misalnya %x, digunakan untuk menyeleksi data yang memiliki akhiran x , contoh:

SELECT * FROM `propinsi` WHERE `nama` LIKE `%t`

Hasilnya:

 

b. Penggunaan tanda % di akhir karakter, misalnya x%, digunakan untuk menyeksi data yang memiliki awalan x, contoh:

SELECT * FROM `propinsi` WHERE `nama` LIKE `sum%`

 

Hasilnya:

 

c. Penggunaan tanda % di akhir dan di awal karakter, misalnya %x%, digunakan untuk menyeksi data yang memiliki karakter x

SELECT * FROM `propinsi` WHERE `nama` LIKE `%mantan%`

Hasilnya:

 

 

2. _ (underscore)

Simbol ini hanya digunakan untuk membatasi pola karakter tunggal, sehingga data yang dihasilkan lebih spesifik, contoh :

SELECT * FROM `propinsi` WHERE `nama` LIKE `B__i`

Hasilnya:

 

Ditulis oleh : Cucu Mohamad Irsad (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...