Penjelasan Tentang Gitignore Pada Git

Penjelasan Tentang Gitignore Pada Git
gitignore

sumber gambar : blog.gitprime.com

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, kali ini aku mau bahas sedikit tentang gitignore baik itu pengertian gitignore itu sendiri dan kenapa harus pakai gitignore ..

Oke kita mulai dari apa sih yang dimaksud dengan gitignore ??, gitignore adalah salah satu standar pengabaian atau ignoring perangkat lunak Git. Dan biasanya ketika kita mengambil suatu file dari repository baik dengan cara clone ataupun mengunduh langsung berbentuk ZIP, file .gitignore ini selalu diikutsertakan.

Silahkan coba unduh salah satu file dari Github berbentuk ZIP dan kemudian di extract dengan perangkat lunak ekstraksi, maka kita akan menemukan satu file dengan nama .gitignore . Buka file .gitignore ini dengan teks editor maka kita akan menemukan beberapa baris nama, baik itu nama file atau nama folder.

ini beberapa contoh file yang biasa di gitignore :

Mengapa Harus Memakai Gitignore….?

Jawabannya ialah karena sewaktu kita melakukan push sebuah file ke repository github maka tidak semua file yang di kita kerjakan tersebut harus di push. Ada file – file tertentu atau folder yang tidak harus di push dan di share ke public.

Contohnya : file phinx.yml, file ini berisi tentang konfigurasi dari migrasi database yang saya gunakan. Jadi, jika file ini tidak di .gitignore maka orang lain yang mengakses repository yang saya buat bisa melihat username dan password database yang saya gunakan.

Timbul sebuah pertannyaan. Apa sih dampaknya jika orang tersebut bisa melihat username dan password database yang saya gunakan . . ?

Dampaknya adalah dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan oleh si pemilik hehehe ya bisa dikatakan semisal itulah ..

Oke semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan bagi setiap pembaca insha allah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ditulis oleh Afri Dermawan Ginting (Peserta Didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...