PHP Slim Micro Framework

PHP Slim Micro Framework

PHP Slim Micro Framework

Baru-baru ini saya sedang belajar pembuatan Restful API. Terlihatnya simpel tetapi banyak yang harus dipelajari untuk membuat API yang benar agar memudahkan pengguna API untuk mengkonsumsi API yang saya sediakan.

Saya tetap berpegang pada bahasa pemrograman PHP untuk pengembangan API. Setelah meneliti beberapa microframework PHP untuk pengembangan API saya lebih memilih Slim framework.

Sejauh ini pengalaman saya menggunakan Slim framework sangat mengesankan. Sangat mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasikannya.

Untuk kinerjanya jangan ditanyakan lagi. Untuk memulai install PHP, install composer. Buat file file konfigurasi composer lalu jalankan perintah composer installer.

Ini akan membuat struktur direktori dengan file definisi utama index.phpFile ini adalah tempat Anda mendefinisikan URL Anda dan menyertakan file eksternal seperti definisi koneksi database dan kode yang relevan untuk URL tertentu.

Struktur ini biasanya familiar bagi siapa saja yang telah menggunakan framework pengembangan web modern seperti Rails atau Django tapi saya ingin menekankan betapa luar biasa mudahnya untuk membangun dan menjalankan slim

Untuk menyelesaikan konfigurasi Slim Anda, Anda perlu mengkonfigurasi server web pilihan Anda untuk bekerja dengan Slim. Saya lebih memilih nginx karena sepertinya paling cocok untuk aplikasi API tapi Apache juga merupakan pilihan populer.

Slim adalah pilihan tepat bagi pengembang PHP yang menginginkan framework super sederhana dan ringan untuk meng-host API.

Ditulis oleh : Farhan Mustaqiem (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...