Progressive Web App Roadshow Yogyakarta 2017

Progressive Web App Roadshow Yogyakarta 2017

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Kali ini saya akan membahas tentang Event yang diadakan oleh Google di Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan salah satu dari 2 Kota yang disambangi oleh Google Developer dalam Event yang bertemakan “Progressive Web App Roadshow 2017” yang diadakan diadakan di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta 14 September 2017.

Kami mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam event ini, dimana pada event ini membahas teknologi baru dari Google. Sebenarnya Progressive Web App ini telah disampaikan pihak Google pada I/O bulan Mei yang lalu.

Progressive Web App (PWA) ini menarik banyak perhatian para Developer Web, dimana PWA ini digadang-gadangkan mampu bersaing dengan aplikasi native.

Berbeda dengan aplikasi hybrid, yang mana aplikasi hybrid lebih menggabungkan antara aplikasi native dan web. Sedangkan PWA ini sepenuhnya web namun pengguna bisa merasakan experience seperti menggunakan aplikasi native.

PWA ini dapat berjalan pada jaringan yang tidak stabil ataupun dalam keadaan offline sekalipun, PWA masih bisa mengirim notifikasi, bahkan menggunakan animasi yang smooth seperti aplikasi native. Aplikasinya pun tidak perlu diinstall pengguna cukup menambahkan icon aplikasinya di home screen pada saat aplikasi pertama kali di buka sehingga memudahkan pengguna dalam membuka aplikasi. PWA sepenuhnya mengandalkan browser, seperti Chrome, Opera dan Firefox.

Kelebihan Progressive Web App adalah:

  • Progressive – Bekerja untuk setiap pengguna, apa pun pilihan browser mereka karena dibangun dengan peningkatan progresif sebagai konsep intinya.
  • Responsive – Cocok dengan setiap faktor bentuk: perangkat desktop, seluler, tablet, atau apa saja yang muncul berikutnya.
  • Connectivity independent – Disempurnakan dengan service worker agar bisa bekerja offline atau pada jaringan berkualitas-rendah.
  • App-like – Terasa seperti sebuah aplikasi untuk pengguna dengan interaksi dan navigasi bergaya-aplikasi karena mereka dibangun di atas model shell aplikasi.
  • Fresh – Selalu terkini berkat proses pembaruan service worker.
  • Safe – Disediakan melalui HTTPS untuk mencegah snooping dan memastikan materi belum dirusak.
  • Discoverable – Dapat diidentifikasi sebagai “aplikasi” berkat manifes W3C dan cakupan registrasi service worker, yang memungkinkan mesin telusur untuk menemukannya.
  • Re-engageable – Kemudahan untuk dilibatkan-kembali dengan fitur seperti pemberitahuan push.
  • Installable – Memungkinkan pengguna untuk “menyimpan” aplikasi yang mereka anggap paling berguna di layar beranda tanpa kerumitan App Store.
  • Linkable – Dapat dengan mudah dibagikan melalui URL, tidak memerlukan pemasangan yang rumit.

Nah untuk teman-teman yang ingin mencoba belajar PWA ini dapat mengakses situs ini.

Sekian dari Artikel kami, semoga bermanfaat terima kasih telah membaca artikel kami.

Ditulis oleh : Luki Sanjaya (Peserta didik MIT school)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...