Recall PHP OOP

Recall PHP OOP

Recall PHP OOP

Sudah menggunakan framework untuk mengerjakan beberapa tugas. Kali ini kamu kembali mengingat dasar-dasar OOP PHP untuk memperkuat pemahaman atas Pemrograman Berorientasi Objek yang kini menjadi standar hampir semua bahasa pemrograman.

Untuk yang belum tahu pemrograman berorientasi objek ini membentuk semua data dan fungsi menjadi sebuah objek. Berbeda dengan pemrograman terstruktur yang disusun secara urutan berjalannya program, pemrograman berorientasi objek lebih membuat sesuatu yang memiliki sesuatu dan dapat melakukan sesuatu.

Sebagai gambaran proses berjalan benda dari titik a ke b dalam pemrograman terstruktur pemrogram akan langsung memerintahkan benda yang berada di titik a menuju ke titik b. Jika pemrograman berorientasi objek maka pemrogram akan membuat objek benda, menyetelnya memiliki kemampuan berjalan setelah jadi maka benda tersebut diperintahkan dengan menggunakan kemampuannya tadi untuk berjalan dari titik a ke b. Untuk memperjelas OOP menggunakan fungsi dari objek benda bejalan sedangkan pemrograman terstruktur menggunakan fungsi atau kemampuan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan benda yang membuat benda berpindah dari titik a ke b.

Dalam OOP PHP objek yang dimaksud dibentuk dari sebuah kelas yang terdiri dari properti, konstanta dan metode lengkap dengan hak akses yang dimilikinya yaitu:

  • Private hanya dapat diakses dalam objek dan kelas itu sendiri.
  • Protected bisa diakses oleh objek dan kelas itu sendiri serta kelas dan objek turunannya.
  • Public bisa diakses di semua tempat dalam satu program.

Contoh sederhana

<?php

class Student

{

private $alamat = "yogyakarta";

private $tanggalLahir = “2015-01-01”;

public $sekolah = “Madani IT”;

public $nama = “Ahmad”;

public function membaca ($buku) {

echo $nama . “membaca” . $buku;

}

}

$murid = new Student;

$murid->membaca(“Belajar PHP OOP”); // Ahmad membaca Belajar PHP OOP

?>

Ditulis oleh : Labib Muhajir (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...