MIT School Muslimah : Sekilas Storyboard X-Code

MIT School Muslimah : Sekilas Storyboard X-Code

Halo gaes, saya balik lagi nih .. kali ini saya akan membahas artikel tentang Storyboard.

Hmmm hmm (ceritanya sih saya mau kasih kata sambutan buat kamu semua yang baca artikel ini) tapi karena saya bukan pujangga yang pandai merangkai kata, so langsung aja ke inti pembahasan
yuk mariii

Apa itu story board ?

Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. 

Storyboard menyediakan tampilan visual editor bagi developer untuk mendesign User Interface aplikasi. Kita menggunakan storyboard untuk membuat layout dan juga perpindahan antar layout

Storyboard merupakan sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan di XCode versi 4.2. Sebelum ada Storyboards, interface builder hanya terbatas dapat melihat satu view (xib) pada satu waktu, namun dengan storyboards kita bisa melihat keseluruhan view controller dalam satu waktu. Mulai XCode 5 keatas ketika kita membuat project application baru, XCode secara default akan menyertakan storyboard untuk project anda.

Enaknya storyboards kita bisa melihat/mengedit seluruh tampilan view controller yang ada di dalam project ini dan bagaimana mereka berhubungan. Tapi ada juga beberapa kekurangan dalam menggunakan storyboard, misalnya anda harus memerlukan monitor yang lebih besar untuk lebih leluasa melihat seluruh screen dalam project yang anda buat, apalagi jika project untuk aplikasi iPad yang jumlah view controller/screennya banyak.

Mengedit storyboard sama halnya kaya kita mengedit di xib. Kita dapat mendrag kontrol baru yang ada di bawah kanan XCode kedalam salah satu screen view controller dan menatanya sesuai yang anda mau. Bedanya di storyboards tidak hanya berisi satu view controller seperti xib tapi keseluruhan view controller yang ada di dalam poject.

Berikut adalah tampilan Storyboard 

Storyboard

(untuk membuka tampilan Storyboard, klik main.storyboard dari Project Navigator)

  • Document Outline, seperti pada Sketch, disini kita dapat melihat layer-layer dari design kita.
  • View Controller, merupakan tempat dimana kita menempatkan tampilan kita.
  • Object library, kumpulan library seperti label, button, textfiled, dll

Storyboard memiliki sejumlah keuntungan:

  1. Secara visual kamu dapat mengeluarkan semua view controllers di “scene” dan menggambarkan hubungan antara mereka. Dengan storyboard kamu memiliki gambaran konseptual yang lebih baik dari semua scene di aplikasimu.
  2. Storyboard dapat menggambarkan transisi antara berbagai scene. transisi ini disebut “Segue” dan Kamu dapat membuat itu dengan menghubungkan view controller.
  3. Dalam storyboard membuat pekerjaan dengan table view dilihat jauh lebih mudah dengan menggunakan sel prototipe dan fitur sel statis. Kamu dapat merancang table view hampir sepenuhnya dalam editor storyboard, mengurangi jumlah kode yang kamu tulis
  4. Storyboard mempermudah pengguna dengan menggunakan Auto Layout, sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk menentukan hubungan matematis antara unsur-unsur yang menentukan posisi dan ukuran mereka. Fitur ini dibuat lebih mudah untuk menangani perangkat dari berbagai ukuran layar dan dimensi.

 Nah sekarang sudah tahu kan apa itu storyboard..
Oke sekian sharing saya tentang storyboard, semoga bermanfaat ya kawan
Terimakasih

Astri  Novia Putri
iOS MIT Muslimah

Related posts:

Loading Facebook Comments ...