Struktur Kontrol Perulangan PHP (While and Do While)

Struktur Kontrol Perulangan PHP (While and Do While)

 

Struktur Kontrol Perulangan PHP (While And Do While)

Melanjutkan artikel mengenai struktur kontrol PHP, pada artikel ini kita akan mempelajari jenis strruktur kontrol yang ke dua yaitu struktur perulangan atau looping.

Struktur kontrol perulangan digunakan untuk mengulang perintah dan pengecekan kondisi sampai kondisi yang ditentukan tidak terpenuhi. Tidak seperti struktur kontrol percabangan yang hanya mengeksekusi perintah sekali saja lalu berhenti, pada struktur kontrol perulangan akan terus mengeksekusi perintah selama suatu kondisi masih bernilai benar/true dan akan berhenti saat kondisi bernilai salah/false.

Empat Macam Struktur Kontrol Perulangan Dalam PHP, Yaitu:

1.  While

Struktur kontrol while akan melakukan perulangan selama suatu kondisi terpenuhi.

Sintaks penulisan struktur while adalah sebagai berikut:

while (kondisi) {
   pernyataan;
}

Contoh penggunaan struktur while.

<?php

$x = 2;

while ($x <= 7) {
 echo "urutan ke-". $x. "<br>";
 $x++;
}

Pada contoh di atas, nilai $x dicek apakah bernilai kurang dari atau sama dengan 7?. Apabila benar $x kurang dari atau sama dengan 7, program akan menampilkan output “urutan ke-2”, lalu menambahkan $x dengan 1. Program akan mengulangi pengecekan dan menjalankan pernyataan sampai nilai $x = 7. Sehingga output yang ditampilkan adalah seperti berikut:

urutan ke-2
urutan ke-3
urutan ke-4
urutan ke-5
urutan ke-6
urutan ke-7

2. Do While

Struktur kontrol ini sama seperti while. Hanya saja yang membedakan adalah pernyataan akan dijalankan terlebih dahulu baru kemudian dilakukan pengecekan kondisi.

Sintaks penulisan struktur do while adalah sebagai berikut:

do {
   pernyataan;
}
while (kondisi);

Contoh penggunaan struktur do while.

<?php

$x = 2;

do {
 echo "urutan ke-". $x. "<br>";
 $x++;
}
while ($x <= 7);

Pada contoh di atas, program terlebih dahulu menampilkan output “urutan ke-2“, lalu menambahkan $x dengan 1, baru kemudian nilai $x dicek apakah bernilai kurang dari atau sama dengan 7?. Apabila benar $x kurang dari atau sama dengan 7, program akan kembali menjalankan pernyataan dan melakukan pengecekan kondisi sampai nilai $x = 7. Sehingga output yang ditampilkan adalah seperti berikut:

urutan ke-2
urutan ke-3
urutan ke-4
urutan ke-5
urutan ke-6
urutan ke-7

Sampai disini dulu pembelajaran tentang struktur kontrol perulangan pada PHP (while and do while). Pada artikel selanjutnya kita akan bahas mengenai struktur perulangan for dan foreach, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : Muhammad Imam Syafi’i (Peserta didik MIT School)

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...