Tipe Data PHP (String, Boolean, dan Null)

Tipe Data PHP (String, Boolean, dan Null)

Tipe Data PHP (String, Boolean, dan Null)

Artikel ini adalah artikel lanjutan dari pembahasan sebelumnya tentang mengenal tipe data pada PHP. Sebelumnya juga telah dibahas tentang tipe data PHP untuk integer & float, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tipe data PHP untuk String, Boolean, & Null.

3 . String

Tipe data ini merupakan kumpulan dari karakter yang membentuk kata atau kalimat yang ditandai dengan tanda kutipan baik berupa tanda petik satu atau single quote ( ‘ ) maupun petik dua atau double quote ( ” ) pada awal dan akhir data.

Contoh penulisan tipe data  string adalah seperti berikut:

$nama = 'Ahmad Mukhlis'; //Dengan single quote

atau

$nama = "Ahmad Mukhlis"; //Dengan double quote

Contoh penggunaan tipe data  string.

<?php

$nama = "Ahmad Mukhlis";
$alamat = 'Jalan Raya Besar Sekali';

echo "$nama alamat $alamat";
echo "<br>";
echo '$nama alamat $alamat';

Pada contoh di atas saya menggunakan double quote untuk variabel $nama dan single quote untuk variabel $alamat. Begitu juga pada penulisan echo, ada yang menggunakan double quote dan single quote. Yang membedakan, penulisan echo dengan double quote nilai variabel $nama dan $alamat akan terbaca sedangkan pada echo dengan single quote nilai variabel $nama dan $alamat tidak terbaca, $nama dan $alamat akan ditafsirkan oleh PHP sebagai string biasa. Sehingga output yang ditampilkan adalah seperti berikut:

Ahmad Mukhlis alamat Jalan Raya Besar Sekali
$nama alamat $alamat

4. Boolean

Tipe data ini hanya memiliki dua nilai, TRUE dan FALSE. Penulisannya tidak bersifat case sensitive. Sehingga ditulis dengan huruf kecil, huruf kapital atau bahkan kombinasi keduanya tidak dipermasalahkan.

Contoh penggunaan tipe data  Boolean.

<?php

$var1=TRUE;
$var2=false;
$var3=true;
$var4=FALSE;

var_dump ($var1);
echo "<br>";
var_dump ($var2);
echo "<br>";
echo $var3;
echo "<br>";
echo $var4;

Pada contoh di atas saya menggunakan empat contoh data boolean dengan value true dan false. Dua variabel divar_dump dan dua lainnya di echo.

Variabel yang divar_dump akan menghasilkan output value beserta tipe datanya. Sedangkan yang di echo akan menampilkan output 1 apabila variabel bernilai TRUE dan tidak menampilkan output apapun/kosong apabila variabel bernilai FALSEOutput yang ditampilkan adalah seperti berikut:

bool(true) 
bool(false) 
1

5. Null

Tipe data ini akan menset variabel dengan value kosong/atau tidak memuat data apapun. Semua variabel yang tidak diset nilainya secara otomatis bernilai null. Tata cara penulisannya tidak bersifat case sensitive seperti halnya tipe data boolean.

Contoh penggunaan tipe data Null.

<?php

$x = 2;
$y = null;

//membandingkan nilai yang bukan null
if($x > 0){
 echo '$x bisa dibandingkan karena tidak null, nilai $x adalah ';
 var_dump($x);
}
 
echo "<br>";

//membandingkan nilai null
if($y > 0){
 echo '$y bisa dibandingkan';
} else{
 echo '$y tidak bisa dibandingkan karena ';
 var_dump($y);
}

Pada contoh di atas saya menggunakan dua contoh variabel yang bernilai null dan bukan null. Dua variabel dibandingkan dan output yang ditampilkan adalah seperti berikut:

$x bisa dibandingkan karena tidak null, nilai $x adalah int(2) 
$y tidak bisa dibandingkan karena NULL

Kita lihat pada hasil output di atas. Variabel dengan nilai 2 bisa dibandingkan, sedangkan data dengan nilai null tidak. Secara kasarnya, bagaimana mungkin kita bisa membandingkan sesuatu yang berisi dengan dengan sesuatu yang tidak ada/kosong?

Demikian penjelasan mengenai tipe data string, boolean dan null. Artikel selanjutnya akan membahas tipe data array. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Muhammad Imam Syafi’i (Peserta didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...