Yuk Belajar Tentang Gerbang Logika Atau Logic Gate

Yuk Belajar Tentang Gerbang Logika Atau Logic Gate

Dalam mempelajari bahasa pemrograman, kita dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir dengan menggunakan logika. Karena memang dasar dari sebuah pemrograman adalah logika, apapun bahasa yang digunakan tak terkecuali bahasa pemrograman PHP. Sebagai awal kita akan mempelajari gerbang logika.

Gerbang Logika atau bisa disebut juga dengan Logic Gate merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input berupa bilangan biner (bilangan yang hanya mempunyai 2 kode simbol 0 dan 1) menjadi sebuah output berkondisi yang digunakan untuk proses selanjutnya. Gerbang logika dapat mengkondisikan input-input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. Inputnya bisa berjumlah satu atau lebih, sedangkan outputnya hanya satu saja berupa tegangan low atau high yang disimbolkan dengan angka 0 dan 1. Terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu: gerbang AND, gerbang OR dan gerbang NOT. Ketiga gerbang ini menghasilkan empat gerbang berikutnya, yaitu: gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XOR dan gerbang XNOR.

1. Gerbang AND
Gerbang AND memiliki karakteristik logika di mana jika salah satu input yang masuk bernilai 0, maka hasil outputnya pasti akan bernilai 0. Jika semuua input diberi nilai 1, maka hasil outputakan bernilai 1 pula. Gerbang logika AND bisa diumpamakan sebagai sebuah rangkaian dengan dua buah saklar yang disusun secara seri. Jika salah satunya memutuskan hubungan rangkaian, maka hasil yang dikeluarkan dari rangkaian tersebut adalah 0. Tidak peduli saklar manapun yang diputuskan maka hasil outputnya adalah 0. Ketika kedua saklar terhubung
dengan rangkaian bersamaan, maka hasil akhirnya barulah bernilai 1.

2. Gerbang OR
Gerbang OR dapat digambarkan sebagai gerbang penjumlah. Gerbang OR dapat dikatakan memiliki karakteristik “memihak 1”, di mana karakteristik logikanya akan selalu mengeluarkan hasil output bernilai 1 apabila ada satu saja input yang bernilai 1. Jadi gerbang logika ini tidak peduli berapa nilai input pada kedua sisinya, asalkan salah satunya atau kedua-duanya bernilai 1, maka outputnya pasti juga akan bernilai 1. Gerbang  logika ini dapat diumpamakan seperti sebuah rangkaian dengan dua saklar yang terpasang secara paralel. Apabila salah satu saklar memutuskan hubungan (bernilai 0), maka outputnya tetap bernilai 1 karena input yang lain tidak akan terputus hubungannya dengan output. Output barulah benar-benar terputus atau bernilai 0 apabila kedua input bernilai 0. Jika keduanya bernilai 1, maka output juga akan bernilai 1.

3. Gerbang NOT
Gerbang NOT sering disebut juga dengan istilah inverter atau pembalik. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang diinput ke dalamnya. Biasanya inputnya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input yang masuk adalah 1, maka hasil outputnya adalah 0. Begitu juga sebaliknya, apabila input yang masuk adalah 0, maka hasil outputnya adalah 1.

Berikut ini adalah simbol gerbang AND, OR dan NOT beserta tabel kebenarannya.

Sementara cukup  sampai di sini dulu pembahasan mengenai gerbang logika. Untuk pembahasan empat gerbang logika turunan akan dibahas pada kesempatan selanjutnya.

Ditulis Oleh Muhammad Imam Suafi’i (Peserta Didik MIT School)

Related posts:

Loading Facebook Comments ...